Sumber energi listrik di sekitar kita

Apakah kalian tau apa saja sumber energi listrik yang ada di sekitar kita. Ternyata bukan hanya PLN lo yang mampu menyediakan sumber energi listrik. Berikut kaka akan uraikan beberapa sumber energi listrik yang telah di manfaatkan secara turun temurun.

Ada berbagai sumber energi listrik di sekitar kita. Misalnya, sinar matahari, air, angin, uap, baterai, dan aki. Kenapa baterei termasuk sumber energi listrik, karena Baterai dapat menghasilkan arus listrik. Oleh karena itu, baterai merupakan sumber energi listrik.

Contoh sumber energi listrik

sumber energi listrik

sumber energi listrik credit pixabay.com

Berikut beberapa contoh sumber energi listrik yang bisa di manfaatkan beserta penjelasannya.
a. Baterai
Coba perhatikan batu baterai pada gambar di samping. Pada ujung batu baterai terdapat kutub positif (+) dan terdapat kutub negatif (–). Apabila kedua kutub tersebut dihubungkan maka akan menghasilkan energi listrik.
Jika bungkus luar pada baterai dibuka, akan terlihat lapisan seng. Lapisan seng ini berfungsi sebagai kutub negatif. Benda yang berperan
sebagai kutub positif adalah batang arang. Batang arang terdapat di bagian tengah baterai. Batu baterai memiliki besar tegangan listrik yang
berbeda-beda. Besar tegangan listrik biasanya terdapat pada bungkus baterai. Misalnya, pada bungkus baterai tertulis 1 V. Artinya, baterai
tersebut mempunyai tegangan listrik sebesar 1 volt. Batu baterai biasanya digunakan pada jam dinding, mainan anak-anak, dan radio.
b. Aki (Accumulator)
Aki biasanya digunakan pada mobil dan sepeda motor. Di dalam aki terdapat cairan kimia, yaitu larutan asam sulfat encer. Zat kimia dapat diubah menjadi energi listrik. Kutub positif (+) dan kutub negatif (–) dihubungkan dengan alatalat listrik. Misalkan lampu, radio, dan kendaraan bermotor. Seperti halnya baterai, sumber energi listrik aki juga dapat habis. Akan tetapi, kita tidak perlu membeli aki yang baru.

Aki cukup disetrum untuk memperoleh energi listrik. Pada aki biasanya tertulis besar tegangan listrik yang dimilikinya. Ukuran tegangan listrik pada aki, antara lain 6 V, 9 V, 12 V, dan 24 V. Aki disebut sebagai elemen basah karena cairan kimia yang ada di dalamnya.
c. Generator
Angin, air, matahari, dan panas bumi dapat digunakan sebagai  pembangkit tenaga listrik. Diesel uap dan nuklir juga dapat digunakan
sebagai pembangkit tenaga listrik. Angin digunakan untuk menggerakkan kincir angin. Selanjutnya, angin akan memutar turbin yang dihubungkan dengan generator.
Generator akan ikut berputar dan menghasilkan energi listrik. Energi gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan generator tersebut.

Pada PLTD (Pusat Listrik Tenaga Diesel), generator digerakkan oleh diesel yang dihidupkan dengan solar. Generator yang bergerak akan
menghasilkan energi listrik. Selain baterai, aki, dan generator, sumber energi listrik lainnya adalah dinamo sepeda.

Coba perhatikan dinamo sepeda yang ada di dekat roda depan sepedamu. Dinamo sepeda terdiri atas lempengan logam, magnet, dan lilitan kawat. Saat roda sepeda berputar, kepala dinamo yang bergesekan dengan roda ikut berputar. Hal ini menyebabkan magnet yang berhubungan dengan kepala dinamo ikut berputar. Putaran ini menghasilkan arus listrik pada lilitan kawat.

Sekarang kalian sudah paham kan beberapa jenis sumber energi listrik yang ada di sekirat kita.Mulai sekarang kalian akan semakin pandai dengan sering sering berkunjung ke blog ini. catatya namanya solusismart.com. Solusi masalah belajar anda. Baca juga perkembangbiakan hewan dan contoh pidato singkat.

Leave a Reply