fbpx

Koperasi adalah saka guru perekonomian indonesia.Itu adalah yang di cita citakan oleh bapak koperasi indonesia bapak Mohammad hatta wakil presiden pertama Indonesia

PENGERTIAN KOPERASI MENUTRUT UU NO 25 TAHUN 1992
Dalam Undang-undang no 25 tahun 1992 yang dimaksud dengan koperasi adalah

  1. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
  2. Perkoperasian adalah segala sesuatu yang menyangkut kehidupan Koperasi.
  3. Koperasi Primer adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang-seorang.
  4. Koperasi Sekunder adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan Koperasi.
  5. Gerakan Koperasi adalah keseluruhan organisasi Koperasi dan kegiatan perkoperasian yang bersifat terpadu menuju tercapainya cita-cita bersama Koperasi.

Jadi dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa koperasi adalah kumpulan orang orang atau badan hukum.Jadi koperasi tidak bisa di miliki oleh perseorangan.Setiap orang yang mau mendirikan koperasi haruslah kumpulan orang orang yang beranggotakan minimal 20 orang.Atau kumpulan kumpulan koperasi kecil yang membentuk induk koperasi atau koperasi Sekunder.

Pengertian Koperasi Menurut UU NO 25 Tahun 1992
Tagged on:
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Pengertian Koperasi Menurut UU NO 25 Tahun 1992 dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *