fbpx

Sering kita salah dalam mendefinisikan dan memahami pengertian dari harga.Kata kata ini memang sering kita dengar dan kita gunakan dalam percakapan sehari hari.namun jika kita di tanya apa itu harga kita akan sulit menjawabnya.

Dari pada anda pusing mari kita cari tau bersama sama pengertian harga menurut para ahli.Karena mereka merupakan para ahli ekonomi jadi pengertiannya akan sohih dan bisa di terima banyak orang.

Anda tinggal mengambilpengertian harga dari salah satu ahli ekonomi tersebut,Bisa juga anda menggabungkan beberapa pengertian harga menutur para ahli kemudian anda rangkai menjadikata kata anda sendiri dan kemudian jadilah definisi harga menurut aanda.

Berikut beberapa istilah harga dan pengertiannya menutut ahli ekonomi dunia.
Menurut Kotler dan Amstrong (2008) harga didefinisikan secara sempit adalah jumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa.

Secara luas didefenisikan sebagai sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk jasa tersebut.

Dari defenisi tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk memiliki atau memperoleh manfaat dari suatu produk atau jasa, konsumen/ pelanggan dibebankan sejumlah uang untuk ditukarkan

Menurut Swastha (2006) mengatakan bahwa: “Harga adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran”.

Definisi menurut Swastha (2007) : “Harga adalah komunikasi non individu dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga-lembaga non laba serta individu-individu”.

Menurut Tjiptono (2002) harga adalah: “Aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan”.

Dari uraian definisi harga menurut beberapa ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa harga adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dengan jalan mempengaruhi konsumen secara langsung ataupun tidak langsung untuk meningkatkan omzet penjualan melalui penciptaan pertukaran dalam pemasaran barang.

TUJUAN PENETAPAN HARGA PRODUK ATAU BARANG
Dalam praktek harga menurut Swasta (1997) dapat dilakukan dengan mendasarkan pada tujuan-tujuan berikut:

Memodifikasi tingkah laku
Orang-orang yang melakukan komunikasi mempunyai beberapa alasan antara lain: mencari kesenangan, mencari bantuan, memberikan pertolongan atau instruksi, memberikan informasi, mengemukakan ide dan pendapat dan memperkuat tingkah laku.

Memberitahu
Kegiatan harga itu dapat ditujukan untuk memberitahu pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan. Harga yang bersifat informasi umumnya lebih sesuai dilakukan pada tahap-tahap awal di dalam siklus kehidupan produk. Harga yang bersifat membantu dalam pengambilan keputusan untuk membeli.

Membujuk
Harga yang bersifat membujuk umumnya kurang disenangi oleh sebagian masyarakat. Namun kenyataannya justru yang banyak muncul adalah harga yang bersifat persuasif. Harga yang demikian ini biasanya diarahkan untuk mendorong pembelian. Sering perusahaan tidak ingin memperoleh tanggapan secepatnya tetapi lebih mengutamakan untuk menciptakan kesan positif.

Hal ini dimaksudkan agar dapat memberi pengaruh dalam waktu yang lama terhadap perilaku pembeli. Harga yang bersifat persuasif akan menjadi dominan jika produk yang bersangkutan mulai memasuki tahap pertumbuhan di dalam siklus kehidupannya.Mengingatkan.

Harga yang bersifat mengingatkan dilakukan terutama untuk mempertahankan merek produk di hati masyarakat dan perlu dilakukan selama tahap kedewasaan di dalam siklus kehidupan produk. Ini berarti perusahaan berusaha paling tidak mempertahankan pembeli yang ada

Bagaimana sekarang anda sudah paham kan pengertian harga menutur para ahli.Karena kita tau seseorang akan melakukan keputusan pembelian salah satunya di dasari pada fariabel independen yaitu harga.

Pengertian harga menurut para ahli ekonomi
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Pengertian harga menurut para ahli ekonomi dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *