pengertian gerhana matahari dan jenisnya

Apakah kalian tau salah satu fenomena alam yang paling menakjubkan adalah proses terjadinya gerhana matahari.Untuk lebih lengkapnya di artikel ini akan saya jelaskan pengertian gerhana matahari baik gerhana matahari total maupun gerhana matahari separo.Kapan kalian pernaah melihat gerhana matahari.

Pengertian gerhana matahari

Gerhana matahari adalah keadaan di mana posisi bulan sejajar di antara matahari dan Bumi.Sehingga bayangan bulan tersebut menutupi matahari baik sebagian maupun keseluruhan.Tergantung jenis gerhananya.

Proses terjadinya gerhana matahari

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari,sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Fakta unik gerhana matahari

Gerhana matahari paling lama hanya terjadi 7 menit 31 detik. Tidak bisa lebih dari itu dan biasanya gerhana matahari tidak sampai 7 menit.

Jenis jenis gerhana matahari

Gerhana matahari ada 4 jenis yaitu gerhana total,gerhana sebagian,gerhana cincin dan gerhana hibrid. Untuk lebih jelasnya kalian baca penjelasannya di bawah ini.

1.Gerhana total

Gerhana total yaitu gerhana yang terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
2.Gerhana sebagian

Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan saat puncak gerhana  hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
3.Gerhana cincin

Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan  saat puncak gerhana  hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
4.Gerhana hibrida

Jenis gerhana hibrid bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang terjadi.

Jadi perbedaan antaragerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian adalah kemampuan bulan menutup matahari. Jika bulan hanya mampu menutup matahari separo maka gerhana sebagian namun jika bulan mampu menutup matahari secara keseluruhan maka gerhana matahari total.reverensi Wikipedia

Gambar proses terjadinya gerhana matahari

pengertian gerhana matahari

proses terjadinya gerhana matahari total. credit vancitybuzz.com

Gambar gerhana matahari total

 

 

jenis jenis gerhana matahari

gerhana matahari credit  Luc Viatour / www.Lucnix.be 

Mudahkan memahami proses terjadinya gerhana matahari serta jenis jenis dari gerhana matahari. Baca juga tata surya dan perkembangbiakan mahluk hidup.

Leave a Reply