Dengan semakin maju an berkembangnya jaman.Konsep perekonmian modern pun mengalami banyak sekali perubahan.Jika jaman dulu konsep ekonomi lebih menekankan kepada produksi yang menggunakan sumber daya yang tersedia di alam maka dewasa ini pengembangan ekonomi lebih menekankan kepada ekonomi kreatif.


Pengertian ekonomi kreatif

Sebenarnya konsep ekonomi kreatif bukan konsep yang sama sekali baru namun keberadaannya mulai mencuat ke permukaan setelah pada tahun 1997 di amerika produk yang berbasis Hak kekayaan intelektual (HKI) menghasilkan nilai ekonomi 414 milliar dollar.Dan merupakan komoditas ekspor nomor satu di Amerika.Jika anda masih bingung maka di sini akan saya beri contoh bentuk dari ekonomi kreatif di antaranya:

Film,Lagu,Acara televisi,Program komputer,dan lain lain.

PENGERTIAN EKONOMI KREATIF
Jadi Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang penopang utamanya adalah informasi dan kreativititas dimana ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi.

Perkembangan tersebut boleh dikatakan sebagai dampak dari struktur perekonomian dunia yang tengah mengalami gelombang transformasi teknologi dengan laju yang cepat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dari yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) diikuti menjadi berbasis Sumber Daya Manusia (SDM), dari era genetik dan ekstraktif ke era manufaktur dan jasa informasi serta perkembangan
terakhir masuk ke era ekonomi kreatif

Sumber:http://sbm.binus.ac.id/files/2013/04/Kewirausahaan-dan-Ekonomi-Kreatif.pdf

Definisi ekonomi kreatif

John Howkins mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai the creation of value as a result of idea.Dalam sebuah wawancara bersama Donna Ghelfi dari World Intellectual Property Organization (WIPO), Howkins menjelaskan ekonomi kreatif sebagai “kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang.

KARAKTERISTIK EKONOMI KREATIF:
Berikut adalah beberapa karakteristik dari ekonomi kreatif di antaranya

  • kerjasama antara berbagai aktor yang berperan dalam industri kreatif, yaitu kaum intelektual,dunia usaha, dan pemerintah yang merupakan pengambil kebijakan dan pengatur regulasi.
  • Berbasis pada ide atau gagasan.
  • Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.
  • Konsep yang dibangun bersifat relatif. suatu saat bisa berubah sesuai dengan perkembangan jaman

Sudahkah di indonesia menerapkan ekonomi kreatif untuk memajukan perekonomiannya.Ternyata sudah ada masterplan atau cetak biru ekonomi kreatif di Inbdonesia sampai tahun 2025.Dan gagasan dari konsep ekonomi kreatif di indonesia di mulai pada tahun 2006 pada masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jadi bagi anda penggiat dan pelaku ekonomi kreatif jangan takut tidak ada dukungan dari pemerintah.pemerintah sangat memperhatikan para pelaku industri ekonomi kreatif dan membantu mereka untuk mengembangkannya. jika anda ingin mengetahui para pelaku ekonomi kreatif anda bisa mengamati dan meniru mereka seperti: Dian pelangi di bidang perancang busana dan fashion.Ada Riri Riza untuk dunia film Serta di dunia musik Ahmad Dani.

Baca juga Pengertian sumber daya alam

Saya rasa cukup sekian penjelasan saya tentang pengertian ekonomi kreatif dan contoh dari ekonomi kreatif itu sendiri.Serta para pelaku ekonomi kreatif di indonesia.

Pengertian ekonomi kreatif
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Pengertian ekonomi kreatif dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *