fbpx

PENGERTIAN BLOG

Hari ini pusing mau membahas apa di blog saya.Karena tidak ada ide maka saya akan membahas tentang pengertian blog.Kalian tau apa itu blog?.Blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan,Photo maupun video yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web.

Blog bisa di akses dan di baca oleh seluruh manusia yang mengakses internet,Selama pemilik blog tersebut mengijinkan mesin pencari untuk menelusurinya.

Sedangkan pengertian dari blogger adalah orang orang yang mempunyai blog dan aktif menulis ataupun memposting segala sesuatu.

Apa kalian tau blog yang pertama kali terkenal dan di ciptakan.Jawabannya adalah Blogspot atau blogger.Blogger.com, pada awalnya dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diambil alih oleh Google pada akhir tahun 2002.

FUNGSI BLOG
Fungsi blog salah satunya adalah sebagai sebuah catatan harian, atau bisa juga sebagai media publikasi dalam sebuah kampanye politik maupun sosial. Blog juga di manfaatkan oleh media dan perusahaan-perusahaan untuk melakukan promosi dan mengenalkan diri kepada publik. Kebanyakan blog di miliki dan di kelola oleh seorang penulis tunggal, dan sebagian kecil lainnya di kelola oleh beberapa orang yang mempunyai minat yang sama.

Blog sekarang sudah berkembang dengan sangat pesat.Fiturnya pun sudah beragam.Anda bisa ikut berkontribusi dalam sebuah blog dengan menjadi penulis tamu maupun berkomentar di kolom komentar yang di sediakan.

JENIS BLOG
Setelah anda mengetahui pengertian blog sekarang kita bahas jeni jenis blog dari segi isinya.Banyak sekali jenis blog yang di buat oleh para blogger di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  3. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  4. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  5. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  6. Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  7. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  8. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  10. Blog agama: Membahas tentang agama
  11. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  13. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  14. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  15. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  16. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  17. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.

MANFAAT BLOG
Di atas telah kita bahas pengertian blog secara lengkap.Berikutnya adalah manfaat dari blog itu sendiri.Blog sekarang sudah di manfaatkan oleh banyak orang untuk menghasilkan uang.Ada juga yang menjadikan blog sebagai pekerjaan tetap.Banyak blogger Indonesia dan juga luar negeri yang sukses dan terkenal berkat blognya.Seperti Max manroe.Raditya dika ,Indri lidiawati dan Eka Lesmana.jika anda ingin bergabung dan menimba ilmu dari para blogger indonesia anda bisa bergabung dengan Komunitas IAPD di Google plus.

Komunitas ini di dirikan oleh Indri Lidiawati pemilik Juragancipir.com. Anggotanya sekarang telah mencapai 36.300 orang pada tanggal 18/5/2016 pukul 13.31 WIB

PLATFORM BLOG
Selain Blogger ada banyak sekali jenis platform blog yang ada di Internet contohnya adalah WordPress.com, Livejournal,Tumblr,Jomla,Mywablog dan lain lain. Dari kesemuanya yang terkenal tentu saja adalag blogspot dan wordpress.

Bagaimana sekarang sdah tidak bingung kan mengetahui pengertian dari blog. Sekarang tinggal anda membuat blog gratisan.Cara membuat blog gratisan sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi situs dari blogger ataupun wordpress.

Baca juga Pengertian search engine

Ternyata capek juga menulis pengertian blog. Sampai ketemu lagi dengan saya di postingan berikutnya. Sumber reverensi bacaan Wikipedia

Pengertian blog dan contohnya lengkap
Tagged on:     
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Pengertian blog dan contohnya lengkap dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *