Pengaruh Hindu-Budha di Indonesia sangat besar dan berkembang sejak abad ke-7 hingga abad ke-15 Masehi. Berikut ini beberapa pengaruh yang dapat ditemukan di Indonesia hingga kini:

Seni dan arsitektur: Kerajaan Hindu-Budha mempengaruhi perkembangan seni dan arsitektur di Indonesia, terutama dalam bentuk candi-candi yang masih bisa ditemukan hingga kini.

Agama: Hindu dan Buddha mempengaruhi perkembangan agama di Indonesia, terutama dalam bentuk keyakinan dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dewa-dewa dan tradisi-tradisi spiritual.

Sastra: Kerajaan Hindu-Budha mempengaruhi perkembangan sastra Indonesia, terutama dalam bentuk karya-karya epik seperti Mahabharata dan Ramayana.

Politik: Kerajaan Hindu-Budha mempengaruhi perkembangan politik di Indonesia, terutama dalam bentuk pembentukan kerajaan-kerajaan besar dan mempengaruhi bagaimana sistem pemerintahan diatur.

Ekonomi: Kerajaan Hindu-Budha mempengaruhi perkembangan ekonomi di Indonesia, terutama dalam bentuk jaringan perdagangan yang luas dan mempengaruhi bagaimana masyarakat hidup dan berinteraksi satu sama lain.

Pengaruh Hindu Budha di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *