fbpx

Setelah di bab sebelumnya kita membahas pengertian globalisasi maka di bab selanjutnya kita akan membahas tentang pengaruh dampak globalisasi di bidang ekonomi,sosial budaya dan tehnologi.Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan jaman akibat globalisasi seperti pedang bermata dua.

Di satu sisi globalisasi akan membuat pengaruh baik bagi kita. Seperti kemudahan dalam memperoleh informasi maupun mobilitas ekonomi.Namun di sisi lainnya pengaruh globalisasi juga mendatangkan hal hal negatif yang mulai menyerang kehidupan pribadi kita.Seperti menurunnya rasa sosial di masyarakat serta sulit berinteraksi dengan ingkungan tempat kita tinggal.

Hal ini di sebabkan karena kita sibuk dengan dunia firtual di sosial media.Kita mempunyai ribuan teman di sosial media namun kita melupakan teman nyata di lingkungan tempat tinggal kita.Apakah kita sadar atau tidak penyakit anti sosial ini sudah sangat terasa.

DAMPAK GLOBALISASI

Adanya globalisasi menyebabkan perdagangan lintas negara menjadi semakin leluasa. Oleh karena itu, negara-negara yang maju tergabung dalam G-8. Pada bulan Juli 2001 G-8 mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi di Italia. Dalam KTT itu, mereka sepakat memberlakukan pasar bebas.

Kelompok negaranegara G-8 itu adalah Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, dan Rusia. Globalisasi sangat mempengaruhi bidang ekonomi, sosial, budaya, dan iptek.

PENGARUH GLOBAISASI DI BIDANG EKONOMI

1. Wujud nyata dari pengaruh globalisasi adalah terjadinya perdagangan bebas antarnegara. Bagi negara-negara yang telah maju, mereka lebih menguasai dan bebas bergerak. Karena mereka telah memiliki pengetahuan yang tinggi dan permodalan yang besar.

Sebaliknya negara yang tidak mampu, tidak dapat berperan secara maksimal sesuai tuntutan global. Di sinilah perlunya berupaya keras dalam menguasai teknologi agar dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Hanya negara-negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampubersaing bebas.

2.DAMPAK GLOBAISASI DI BIDANG SOSIAL BUDAYA

Globalisasi menyebabkan arus komunikasi terbuka lebar sehingga dapat mengatasi jarak, ruang, dan waktu. Artinya sesuatu yang jauh menjadi dekat. Sesuatu yang dahulu terasa sulit menjadi mudah. Waktu tempuh yang dulu lama, menjadi lebih pendek dan cepat.

Globalisasi juga dapat mempengaruhi kehidupan dan budaya manusia. Bentuknya seperti pola makan, gaya hidup, dan cara berpakaian. Bahkan sangat berpengaruh terhadap sikap seseorang. Misalnya, rasa gotong royong menurun dan sikap perseorangan lebih menonjol. Jadi kita harus memfilter pengaruh globalisasi daribudaya yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia.

3.PENGARUH GLOBALISASI DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak makin pesatnya perkembangan komunikasi dan transportasi. Bukan hanya itu, sektor lain seperti dunia informasi juga berkembang sangat pesat. Teknologi yang serba canggih akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia.

kamu tidak perlu pergi ke rumah temanmu untuk menyampaikan sebuah pesan. Kamu tinggal telepon atau SMS. Mudah dan praktis, Bukan? Handphone, internet, komputer, pesawat terbang adalah produk-produk hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Produk-produk tersebut kini dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana supaya dapat menguasai ilmu pengetahuan? Apa citacita kamu? Untuk mencapai cita-cita, kamu harus belajar dengan rajin dan tekun. Di era globalisasi ini Indonesia tidak mungkin menutup diri dan tidak mau berhubungan dengan negara lain.

Karena proses globalisasi dapat membawa kemajuan di bidang ekonomi, di antaranya melalui perdagangan, penanamanmodal, pengalihan teknnologi, dan lain-lain. Sebagai negara berkembang, Indonesia tentu ingin maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Supaya maju dan sejahtera, Indonesia membutuhkan bantuan modal, dana, dan teknologi dari negar-negara maju.

Melalui penanaman modal ini, Indonesia dapat membangun pabrik-pabrik serta mengambil alih ilmu dan teknologi dari negara maju tersebut. Oleh karena itu, Indonesia perlu menjalin hubungan dan kerjasama dengan negara-negara lain. Kebijakan negara dalam rangka menjalin hubungan dengan negara lain ini disebut dengan politik luar negeri.

4. DAMPAK GLOBALISAS DI BIDANG POLITIK.

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka informasi yang berasal dari belahan dunia lain akan dengan mudah terserap ke dalam lingkungan kita tinggal.hal ini juga mempengaruhi cara berfikir kita tentang politik.

Kejadian politik di negara lain juga bisa mempengaruhi politik di negara kita .Hal ini karena kita tidak bisa lepas dari negara lain di bidang eonomi,sosial,budaya dan politik.

Ambillah sesuatau yang baik dari pengaruh globalisasi seperti mudahnya memperoleh informasi dan pendidikan.Tetapi janan lupa pula untuk memfilter informasi informasi yang tidak sesuai dengan budaya kita.

Dan harus tetap di ingat kita bisa mengikuti perkembangan globalisasi dengan tetap menjaga identitas kita sebagai bangsa Indonesa.

Baca juga pengertian globalisasi dan Lambang pancasila

Cukup sekian kak Ayun menemani kalian belajar dampak globalisasi bagi ekonomi politik sosial dan budaya.Selmat belajar dan jadilah pelajar cinta damai.Pengaruh globalisasi jangan menjadikan anda lupa pada jati diri bangsa.Namun ambillah dampak globalisasi yang positif. Seperti kemajuan Iptek.Kecanggihan teknologi

Dampak globalisasi di bidang ekonomi dan sosial budaya
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Dampak globalisasi di bidang ekonomi dan sosial budaya dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *