# manfaat asuransi kerugian bagi pemegang polis

Apa yang ingin anda peroleh dari membeli polis asuransi kerugian.tentu anda ingin mendapatkan manfaat dari uang yang sudah anda keluarkan untuk membayar polis.Atau anda ada pertimbangan lain kenapa membeli sebuah polis asuransi.

manfaat asuransi kerugian secara umum dan fungsinya
Sebelumnya mari kita lihat dulu pengertian dari asuransi kerugian. Asuransi kerugian adalah asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan pada harta benda atau kepentingan yang secara langsung disebabkan oleh suatu peristiwa yang tidak diketahui sebelumnya.

Fungsi Asuransi

Sebelum lebih jauh membahas tentang manfaat asuransi.Sekarang kita cari tau terlebih dahulu fungsi dari Asuransi  Ada tiga macam  fungsi asuransi, yaitu  fungsi utama,fungsi tambahan dan fungsi lainnya.
1. Fungsi utama
Fungsi utama asuransi terdiri dari  2 hal yaitu pengalihan resiko dan wadah dana bersama.
1. Risk transfer (Pengalihan risiko)
Asuransi merupakan cara mengalihkan risiko, dimana seseorang atau perusahaan dapat mengalihkan risiko kerugian yang di deritanya  kepada perusahaan asuransi dengan membayar premi asuransi dalam jumlah yang jauh lebih kecil dari pada kerugian yang mungkin akan terjadi. jika tidak  di asuransikan maka seseorang atau perusahaan akan menghadapi banyak ketidakpastian, baik mengenai kerugian itu sendiri maupun besarnya kerugian apabila hal tersebut terjadi
2.  The common pool ( Wadah dana bersama )
Uang premi  yang diterima oleh penanggung atau perusahaan asuransi dari para tertanggungnya dikumpulkan oleh penanggung ke dalam suatu wadah dana bersama  untuk setiap jenis risiko yang sama, kemudian setiap ganti rugi yang dibayar diambil dari pool tersebut.Biasanya perusahaan asuransi menginfestasikan dana asuransi nasabah ke dalam infestasi saham atau trading forek. Bisa juga di investasikan di properti dan pembiayaan proyek yang menguntungkan.

Secara singkat fungsi utama asuransi adalah memberikan mekanisme pengalihan risiko melalui penggunaan wadah dana bersama, dimana setiap pemegang polis membayar premi dalam jumlah yang seimbang sesuai dengan tingkat risiko kerugian yang ditimbulkannya.

2. Fungsi tambahan
Fungsi tambahan dari asuransi yaitu
a. Rangsangan bagi pengembangan usaha
Rangsangan terpenting dari pengembangan usaha adalah suntikan  dana dari bidang usaha yang produktif. Dengan catatan dana tersebut harus dapat segera dicairkan  jika terjadi keadaaan darurat yang dapat membahayakan usaha utama mereka.
Investasi internal biasanya tidak mudah dicairkan. Dengan menggunakan asuransi, yang hanya menyisihkan sebagian kecil dana untuk pembayaran premi asuransi, suatu perusahaan dapat menggunakan dana cadangan itu untuk investasi internal, misalnya perluasan usaha atau pembukaan cabang baru.
b. Loss prevention ( Pencegahan kerugian )
Perusahaan asuransi akan   mempekerjakan para ahli untuk memeriksa usaha yang di jalankan   oleh tertanggung baik pabrik,kendaraan ,kapal maupun barang barang lain yang di asuransikan oleh tertanggung .. Mereka akan memberikan rekomendasi mengenai langkah pencegahan  yang harus diambil untuk mencegah terjadinya kerugian. Rekomendasi itu dapat diberikan pada saat perencanaan atau pada saat usaha telah berjalan.
c. Loss control (pengendalian kerugian)
Para ahli asuransi tau betul  bahwa betapapun usaha yang diberikan untuk mencegah terjadinya kecelakan, kerugian  tetap saja akan terjadi. Karena itu, mereka juga berusaha menemukan cara–cara untuk memperkecil tingkat kerugian .
d.Social benefit ( manfaat sosial)
Asuransi berperan penting dalam  menjaga stabilitas sosial dan ekonomi masyarakat.
e. Saving (tabungan)
Dengan membeli polis asuransi masyarakat akan memperoleh manfaat ganda.Selain memperoleh dana klaim asuransi asuransi juga  sebagai salah satu bentuk tabungan, seperti  asuransi pensiun, asuransi pendidikan anak, dan lainnya. Polis asuransi umumnya berjangka panjang dan jika tertanggung membatalkannya, maka uang akan dikembalikan yang besarnya sesuai dengan perjanjian awal saat membeli polis asuransi.Setelah di potong oleh pihak asuransi.
3. Fungsi lainnya
Fungsi lain dari asuransi adalah fungsi tambahan yang muncul secara tidak langsung akibat terjadinya proses pengalihan. Fungsi tidak langsung asuransi, yaitu :
1. Investment of fund (penanaman modal )
Dana yang di kumpulkan  dari premi yang diterima oleh perusahaan asuransi kemungkinan hanya akan berumur pendek, sebab klaim dapat terjadi setiap saat. Oleh sebab itu, dana harus diinvestasikan secermat mungkin sehingga dapat memberikan keuntungan  yang cukup untuk mengantisipasi inflasi dan laba perusahaan.
Dana selain disimpan di bank, ada juga dalam bentuk investasi lain yang tingkat keuntungannya lebih besar. Beberapa jenis investasi yang biasa dilakukan adalah :
  • Pinjaman jangka pendek dan menengah bagi pemerintah
  • Berbagai pinjaman bagi dunia usaha/industri
  • Pembelian saham – saham perusahaan
  • Bidang property
  • Reksadana
2. Invisible earning (pemasukan devisa)
Selai di dalam negeri perusahaan asuransi juga membuka polis untuk tertanggung yang berada di luar negeri. Premi yang diterima untuk jenis asuransi ini merupakan sumber pemasukan devisa bagi negara.

Manfaat asuransi kerugian

Setelah anda mengetahui fungsi asuransi sekarang anda akan di berikan penjelasan tentang beberapa keuntungan dari membeli asuransi kerugian.

1. Memberikan rasa aman. Setiap orang selain ingin memenuhi kebutuhan pokoknya juga berusaha untuk berlindung dari segala ancaman bahaya terhadap diri, harta benda, maupun kepentingannya.Untuk itulah mereka mengansuraansikan hal hal yang dapat menyebabkan kerugian atas harta bendanya.
2. Melengkapi persyaratan kredit. Contoh:
  • Pada saat meminjam uang di bank.Kita sering harus membayar premi asuransi kematian.yang dananya di potong saat kita memperoleh kredit.hal tersebut bertujuan agar jika dalam masa angsuran seorang nasabah meninggal maka sisa pinjamannya akan di lunasi oleh pihak asuransi.
  • Pembiayaan untuk membeli kendaraan, pihak  perusahaan pembiayaan akan mensyaratkan untuk membeli perlindungan asuransi atas objek tersebut.
3.Mempercepat laju pertumbuhan ekonomi. Dana  yang berhasil dikumpulkan oleh perusahaan asuransi akan ditanamkan diberbagai instrumen investasi. Dana ini disalurkan oleh institusi keuangan seperti perbankan kepada sektor riil untuk pembangunan.
4. Mengurangi biaya modal. Dengan pengalihan risiko ke pihak perusahaan asuransi, maka cadangan modal untuk menutupi risiko dapat dikurangi.
5. Menjamin stabilitas usaha. Dengan penjaminan yang di lakukan oleh pihak  asuransi di saat musibah datang , maka kerugian usaha dapat  segera dipulihkan.
6. Memastikan biaya untuk risiko usaha. Setiap usaha membutuhkan kepastian untuk memperoleh laba. Pembayaran uang premi telah memastikan biaya untuk menjalankan usaha dari risiko-risiko murni, seperti kebakaran dan bencana alam.

Baca juga pengertian asuransi kerugian

Baiklah,cukup sekian penjelasan saya tentang fungsi dari asuransi serta manfaat atau keuntungan jika kita membeli polis asuransi.Semoga bisa memberikan gambaran bagi anda untuk memilih jenis asuransi yang ingin anda beli.Jangan lupa jika anda ingin mendaftar asuransi cari tau dulu rekam jejak dari perusahaan asuransi tersebut.

Leave a Reply