Indonesia adalah negara yang pernah memiliki berbagai kerajaan sejak abad ke-7 hingga abad ke-20. Beberapa kerajaan terkenal di Indonesia antara lain adalah:

  • Kerajaan Sriwijaya (abad ke-7 hingga abad ke-14), yang merupakan kerajaan maritim yang berpengaruh di Asia Tenggara dan memiliki jaringan perdagangan yang luas.
  • Kerajaan Majapahit (abad ke-13 hingga abad ke-15), yang merupakan kerajaan Hindu-Jawa yang memimpin wilayah yang luas di Nusantara dan memiliki pengaruh besar terhadap budaya dan sejarah Indonesia.
  • Kerajaan Mataram Hindu (abad ke-8 hingga abad ke-16), yang merupakan kerajaan Hindu yang berkembang di Jawa Tengah dan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan seni dan arsitektur di Indonesia.
  • Kerajaan Banten (abad ke-16 hingga abad ke-19), yang merupakan kerajaan Islam yang berkembang di bagian barat Jawa Barat dan memiliki jaringan perdagangan yang luas dengan Asia dan Eropa.

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, kerajaan-kerajaan tradisional di Indonesia tidak lagi ada dan digantikan oleh sistem pemerintahan republik.

Seperti Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia merupakan kerajaan peninggalan masa kebudayaan Hindu-Budha yang berkembang di Indonesia pada abad ke-7 hingga abad ke-15 Masehi.

Beberapa kerajaan terkenal yang muncul pada masa ini antara lain adalah kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan Tarumanagara. Kerajaan-kerajaan tersebut menunjukkan perkembangan yang pesat dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya.

Dalam buku sejarah terbaru, kerajaan Hindu-Budha di Indonesia dikaji secara mendalam dengan mengacu pada berbagai sumber sejarah seperti prasasti, karya sastra, dan arkeologi.

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia Menurut Buku Sejarah Terbaru
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Kerajaan Hindu Budha di Indonesia Menurut Buku Sejarah Terbaru dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *