Ciri ciri mahluk hidup yang ada di muka bumi tentulah beragam. namun yang paling umum dari setiap mahluk hidup itu memilki beberapa cici ciri seperti di bawah ini. Walaupun pada beberapa mahluk hidup ciri ciri tersebut tidaklah lengkap.namun kebanyakan dari mereka memiliki beberapa kombinasi ciri mahluk hidup yang utama.

PENGERTIAN MAHLUK HIDUP

Sebelum kita membahas ciri ciri mahluk hidup berikut saya uraikan pengertian mahluk hidup secara umum. Mahluk hidup adalah organisme yang memiliki struktur biologis kompleks yang peka terhadap rangsangan serta memerlukan nutrisi untuk tetap bisa berkembang.

CIRI CIRI MAHLUK HIDUP

Dari pengertian di atas dapat di simpulkan 8 ciri ciri mahluk hidup yang ada di sekitar kita

1.Memerlukan nutrisi/makanan

Mahluk hidup memerlukan nutrisi atau makanan untuk tetap hidup dan berkembang. Contohnya adalah manusia memerlukan makanan seperti Nasi, Daging, Buah dan sayuran untuk memperoleh nutrisi bagi tumbuh kembangnya.Sama halnya hewan juga membutuhkan makanan yang berasal dari alam seperti rumput rumputan untuk hewan Herbivora, Untuk hewan karnivora merea menapatkan mutrisi dengan memakan hewan atau serangga kecil lainnya. Sedangkan hewan Omnivora mereka akan memakan Daging dan Rumput.

Sedangkan Tumbuhan memperoleh nutrisi dengan menyerap zat zat yang ada di dalam tanah.Ada juga yang mendapatkan nutrisi dari hewan serangga. Contohnya adalah tumbuhan Kantung Semar.

2.Bernafas

Mahluk hidup Hewan dan manusia bernafas untuk memperoleh Oksigen dan mengeluarkan Co2. Sedangkan tumbuhan kebalikannya.Alat pernafasan mahluk hidup juga beraneka ragan. Tergantung habitat mereka tinggal. Bisakah anda sebutkan contohnya ?….Ya betul sekali Ikan bernafas menggunakan Insang sedangkan manusia menggunakan Paru paru.

3.Bergerak

Mahluk hidup juga bergerak sebagai bukti eksistensi mereka di dunia.Itu tidak terbatas hanya pada manusia namun binatang, Tumbuhan dan Mikro organisme seperti bakteri dan virus juga bergerak.

4.Tumbuh

Setiap mahluk hidup akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia mereka. Bisakah anda amati tetangga tetangga anda yang semakin hari semakin tua untuk orang yang sudah dewasa. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir semakin kari mereka semakin tumbuh besar dan tinggi. Hal ini berlaku juga untuk Hewan dan tumbuhan.

5.Berkembang biak

Untuk mempertahankan kelangsungan hidup dari spesiesnya masing masing mahluk hidup akan berkembang biak sesuai dengan kodratnya. Ada yang berkembang biak dengan beranak maupun ada yang berkembang biak dengan bertelur. Sedangkan tumbuhan mereka berkembang biak dengan Biji, Stek,Okulasi,Cangkok dan lainnya.

6.Peka terhadap rangsang

Jika anda masih hidup maka anda akan peka terhadap rangsangan seperti Menggigil saat udara dingin maupun kepanasan jika terkena api.Itu hanya beberapa contoh jenis rangsangan.Anda bisa mencari contoh jenis rangsangan lainnya baik yang terjadi pada manusa,hewan maupun tumbuhan. Sekarang anda paham kan kenapa ujung tumbuhan selalu mengarah ke sinar matahari datang. Karena tumbuhan peka terhadfap rangsangan sinar matahari.

7.Beradaptasi, serta terdapat susunan kimia

Mahluk hidup juga telah di lengkapi kemampuan beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal dia. Contohnya kaktus digurun hanya memerlukan sedikit air untuk bisa tetap hidup. Bunatang unta juga telah di lengkapi dengan kenampuan untuk menyimpan air di dalam tubuhnya.

8.Mengeluarkan zat sisa

Ciri ciri mahluk hidup no 8 ini adalah akibat dai ciri ciri mahluk hidup no 1 yaitu makanan. karena mahluk hidup memerlukan makanan maka sisa sisa makanan yang sudah tidak terpakai akan di keluarkan dari tubuhnya sebagai zat sisa. baik berupa kotoran maupun Urin. Dan zat sisa tumbuhan adalah Oksigen.

Sumber reverensi wikipedia

Namun, ciri-ciri tersebut tidaklah universal. Mikroorganisme seperti misalnya bakteri tidaklah bernapas, namun menggunakan jalur kimiawi lain. Banyak organisme yang tidak mampu bergerak secara independen dan banyak organisme tidak dapat berkembang biak, walaupun spesiesnya mampu.

Cukup sekian penjelasan kakak tentang ciri ciri mahluk hidup binatang dan tumbuhan..O iya hampir lupa di atas juga merupakan ciri ciri mahluk hidup manusia. Baca juga metamorfosis kupu kupu dan daur hidup lalat.

Ciri Ciri Mahluk Hidup Hewan Tumbuhn Dan Manusia
Tagged on:
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Ciri Ciri Mahluk Hidup Hewan Tumbuhn Dan Manusia dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *