Carica Oleh Oleh Khas Wonosobo

Berbicara tentang kabupaten Wonosobo tidak bisa lepas dari wisata pegunungan dieng dan Carica.Carica adalah sejenis pepaya gunung yang tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian 1500-3000 di atas permukaan laut.Cocok di tanam di wilayah yang bersuhu udara dingin.dikenal juga dengan nama carica papaya dieng.
Buah carica bukan merupakan buah asli dataran tinggi dieng walaupun buah ini banyak di budidayakan di pegunungan dieng.Asal buah ini dari dataran tinggi andes,Amerika selatan.Buah yang mirip pepaya ini mempunyai nama latin Vasconcellea cundinamarcensis.
Buah carica datang di Indonesia pada masa penjajahan Belanda menjelang perang dunia ke dua.Buah ini banyak di tanam di daerah dieng wonosobo dan sekarang sudah menjadi buah khas dari wonosobo.Buah yang di manfaatkan adalah buah yang sudah masak.Dengan ciri ciri buah berwarna kekuningan.
Buah carica sekarang telah di manfaatkan oleh penduduk wonosobo sebagai manisan carica.Mereka melakukan usaha ini sebagai usaha rumahan.Ada juga yang sudah membentuk kelompok pengusaha produsen manisan carika.
Dengan tingkat permintaan yang cukup besar di pasaran maka usaha manisan carica ini sangat di minati oleh penduduk daerah pegunungan dieng dan sekitarnya.

Cara membuat manisan carica

Bagi anda yang hobi memasak anda bisa membuat manisan carica sendiri di rumah.prosesnya sangat mudah dan bisa anda lakukan sambil nonton TV.Pertama tama yang anda butuhkan adalah bahan bahan untuk membuat carica.
  • Beli buah carica yang sudah masak di pasar 2kilo sudah cukup.
  • Garam 0.5 sendok teh
  • Gula pasir 1,25 kilogram
  • Air 3 liter
Cara memasak buah carica
  • Kupas buah carica yang tadi sudah di beli.Cuci bersih kemudian potong menjadi 2 bagian.Keluarkan semua biji carica jangan sampai ada sisa.
  • Potong buah carica kecil kecil seukuran dadu.
  • Rebus biji carica tadi dengan 1 liter air sampai mendidih.Setelah mendidih angkat dan dinginkan.Sesudah air rebusan carica dingin saring airnya sambil biji carica di remas remas.Tambahkan sisa air tadi sedikit demi sedikit seperti orang membuat santan. Setelah biji carica terlihat bersih hentikan proses tersebut.
  • Sekarang Air hasil saringan tadi di campur dengan garam dan gula pasir kemudian rebus sampai mendidih.
  • Setelah air mendidih masukkan buah carica.Diamkan sampai matang.Tandanya buah sudah kenyal dan lunak.
  • Diamkan buah carica sampai dingin.
  • Buah carica sudah siap di santap.Lebih nikmat jika menikmati manisan buh carica di campur dengan es.
Begitulah cara memasak buah carica menjadi manisan carica yang enak dan menyegarkan.Selamat mencoba semoga anda ketagihan.
Kandungan buah carica
Buah carica sangat bermanfaat bagi tubuh tidak cuma untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan.Karena di dalam buah carica kaya akan serat. Terdapat zat agrinin dan vitamin di antaranya.vitamin A,vitaminB komplek,vitaminC,vitamin E dan enzim papain

manfaat carica untuk kesehatan dan kecantikan

karena mengandung berbagai macam zat dan vitamin maka buah carica sangat bermanfaat bagi tubuh di antaranya:
  1. Mencegah kanker.Buah carica mengandung zat agrinin yang berfungsi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.Jadi dengan banyak mengkonsumsi carica anda akan semakin terhindar dari penyakit kanker.
  2. Untuk kecantikan kulit dan wajah.Carica mengandung vitamin E dan vitamin C.Di mana manfaat dari kedua vitamin tersebut adalah untuk menghaluskan kulit serta menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.Melindungi tubuh dari sinar UV dan mencegah kerutan pada wajah.
  3. Memperlancar BAB.Bagi anda yang sulit BAB dan perut terasa begah.Cobalah konsumsi buah carica.Buah carica mengandung enzim papain dan kaya akan serat.enzim papain dan serat berfungsi untuk membersihkan bakteri di dalam usus dan memperlancar pencernaan.
  4. Mencegah mata minus.Buah carica mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.Kandungan vitamin A di dalam pepaya carica ini lebih besar di bandingkan dengan wortel.
  5. Memulihkan stamina.Carica mengandung vitamin B kompleks yang bermanfaat sebagai sumber energi.Mudah di serap oleh tubuh.Bagi anda yang hobi olahraga bisa makan buah manisan carica setelah selesai olahraga. Tubuh akan kembali segar dalam waktu singkat.
Jadijangan ragu untuk mengkonsumsi buah carica karena manfaatnya ternyata banyak sekali.Dari mulai kesehatan sampai kecantikan.
Di kabupaten wonosobo sendiri buah carica yang berbentuk buah segar maupun sudah jadi manisan sangat mudah di temui.Jika anda dari luar kota bisa mampir ke toko toko penyedia oleh oleh khas wonosobo yang ada di sepanjang pinggir jalan utama.
Manisan carica dieng cocok untuk oleh oleh bagi anda yang sedang berwisata ke pegunungan dieng di wonosobo.

harga manisan carica

Untuk harga manisan carica sangat kompetitif karena hal ini di pengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran.Selain faktor tersebut hal yang mempengaruhi harga jual manisan carica dieng di antaranya.
  • Kualitas barang.Semakin bagus buah yang di hasilkan maka harganya akan semakin mahal
  • Cara pengolahan.Cara mengolah buah carica juga menjadi faktor mahal tidaknya buah carica.
  • Kemasan carica.Secara umum terdapat 2 jenis kemasan carica yaitu botol kaca dan botol plastik.Yang botol kaca tentu lebih mahal.
  • Merk.Tidak bisa di pungkiri merk carica yang sudah terkenal harganya tentu bisa lebih mahal.
Untuk oleh oleh biasanya orang orang lebih suka membeli yang dalam kemasan botol kaca isi 6 botol.Setiap botol mengandung carica dengan berat 350gram. Satu dus harga antara Rp 70.000 sampai 80.000

Leave a Reply