Cara menulis daftar pustaka yang benar beserta contohnya 2017

Daftar pustaka menjadi hal yang tidak dapat di pisahkan dari sebuah karya ilmiah baik itu Skripsi,Jurnal maupun makalah.Cara menulis daftar pustaka juga tidak boleh sembarangan. karena dalam penulisan daftar pustaka telah ada aturan baku yang wajib di patuhi oleh Dosen,Mahasiswa,Peneliti maupun guru.

Bagi anda mahasiswa yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi tentu membutuhkan contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar oleh karena itu anda tidak salah berada di tempat ini.jadi silahkan anda simak baik baik secara runtut agar lebih mudah memahami cara menulis daftar pustaka.

Pengertian daftar pustaka

cara menulis daftar pustaka dan contoh daftar pustaka credit pixabay.com

Daftar pustaka adalah daftar nama nama pengarang dari sebuah buku ataupun tulisan yang ada di media baik cetak maupun elektronik yang hasil pemikirannya telah kita kutip atau kita jadikan rujukan dalam penyusunan karya ilmiah yang kita lakukan.Wikipedia

Manfaat dan tujuan daftar pustaka dalam karya ilmiah

Daftar pustaka yang kita sertakan dalam suatu karya ilmiah mempunyai berbagai macam manfaat dan tujuan yang berguna baik bagi si pengarang maupun si pembaca karangan karya ilmiah tersebut.Di antaranya adalah :

  1. Sebagai wujud penghargaan kita kepada sang pengarang.Dengan mencantumkan nama mereka dalam daftar pustaka maka kita telah menjadi seorang yang tau diri dan taau car menghargai hak kekayaan Intelektual
  2. Sebagai sumber referensi pembaca. Daftar pustaka juga bisa di jadikan bahan oleh pembaca untuk menilai karya ilmiah tersebut berbobot atau atau tidak dengan melihat sumber referenssi yang mereka gunakan.
  3. Menghindari tuntutan plagiarisme. Dalam karya ilmiah kita sering mendengar ada seorang mahasiswa atau doktor yang mencontek hasil karya orang lain dan mengakui hal tersebut sebagai karya kita.namun jika kita mencantumkan nama mereka dalam daftar pustaka  karena karya ilmiahnya kita kutip maka kita mengakui bahwaa tulisan tersebut karya mereka dan bukan hasil pemikiran kita.
  4. Pembaca dapat mengetahui jika ingin mencari dokumen yang kita gunakan melalui daftar pustaka.Seperti buku yang kita gunakan atau karya ilmiah milik siapa yang kita pakai.

Satu hal yang perlu anda ingat dalam penulisan daftar pustaka anda harus menggunakan aturan Ejaan yang di sempurnakan atau EYD.baik dalam penulisan nana,judul buku,Penerbit,Tahun terbit maupun kota asal penerbit tersebut

Cara menulis daftar pustaka

Berikut saya berikan contoh cara menulis daftar pustaka untuk pengarang dari Indonesia dan terdiri dari satu pengarang saja.

Abbi Satya. 2015. Strategi Pembelajaran Efektif. Semarang : Laras Offset.

1.Tulis nama lengkap kemudian tanda titik

2. Tahun buku di cetak dan di ikuti tanda titik

3. Judul buku di tulis dengan cetak miring dan di ikuti tanda titik

4.Kota asal buku di terbitkan dan di ikuti tanda titik dua

5. Nama perusahaan yang mencetak buku kemudian titik.

Mudah bukan cara membuat daftar pustaka di atas jika anda sudah mengetahui aturannya.

 

Penulisan daftar pustaka Pengarang luar negeri

Contoh cara menulis daftar pustaka untuk pengarang yang berasal dari luar negeri sedikit berbeda dari pengarang Indonesia. Berikut adalah cara penulisan pengarang dari luar negeri.

 

Aaker, David. A. 1997. Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Yang membedakan dari pengarang indonesia adalah untuk pengarang luar negeri penulisan namanya di mulai dari nama belakan dan di ikuti tanda koma baru kemudian nama depan. Seperti pada contoh namanya David A. Aaker maka di tulis Aaker, David.A kemudian di ikuti tanda titik dan angka tahun penerbitan.

 

Penulisaan daftar pustaka 2 orang

Bagaimana jika daftar pustaka yang kita gunakan di tulis oleh 2 orang atau lebih. Untuk penulisan dua orang maka cukup dengan menyebutkan kedua nama pengarang tersebut. contohnya :

Ayunda Larasati  dan Satya Wicaksono. 2010. Dasar – dasar Akuntansi. Wonosobo: Bahana Pustaka

Untuk penulisan daftar pustaka 3 orang atau lebih anda cukup menulis satu nama saja kemudian di ikuti dengan Dkk. contoh

Satya Wicaksono, dkk. 2010. Dasar – dasar Akuntansi. Wonosobo: Bahana Press

Cara penulisan daftar pustaka dari Internet

Dalam membuat suatu karya ilmiah terkadang kita tidak cukup mencari hanya dari buku maupun jurnal ilmiah yang lain.Oleh karena itu kita juga di perbolehkan mengutip dari internet.Nah cara penulisan daftar pustaka dari internet juga agak berbeda di bandingkan dari Buku.

Contoh penulisan daftar pustaka dari internet seperti ini :

Abbi Satya.2016.Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.http://www.bisnismart.com/cara-mendapatkan-uang-dari-internet-tanpa-modal/,12 mei 2017

Jika anda lihat unsur penulisannya adalah sebagai berikut

  1. Nama pengarang blog dan di ikuti tanda titik
  2. Tahun terbitnya artikel titik
  3. judul artikel di tulis miring titik
  4. url artikel koma
  5. tanggal mengutip artikel.

Contoh daftar pustaka dari jurnal

Berikutnya adalah contoh cara penulisan daftar pustaka yang berasal dari jurnal atau sekripsi.

Fandi Guritno. 2015. Dampak pemakaian adblock terhadap pendapatan publisher adsense (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Gajah mada

  1. Nama titik
  2. tahun titik
  3. judul skripsi/tesis/atau karya ilmiah lainnya titik
  4. kota peneribtan karya ilmiah titik 2
  5. perguruan tinggi tempat dia belajar

Cara menulis daftar pustaka dari majalah dan koran.

Ayunda. 20011. Manfaat Internet bagi kemajuan ekonomi negara dalam majalah Mingguan  Kartini Edisi Januari  2015.

Untuk daftar pustaka dari majalah anda cukup menulis pengarangnya titik kemudian di tulis miring untuk judul artikel nama majalah bulan dan tahun terbut titik.

Contoh daftar pustaka Skripsi, tesis dan jurnal

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh penulisan daftar pustaka secara berurutan.Mulailah dari A sampai Z.

Aaker, David. A. 1997. Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Abbi Satya. 2015. Strategi Pembelajaran Efektif. Semarang : Laras Offset.

Ayunda Larasati  dan Satya Wicaksono. 2010. Dasar – dasar Akuntansi. Wonosobo: Bahana Pustaka.

Satya Wicaksono, dkk. 2010. Dasar – dasar Akuntansi. Wonosobo: Bahana Press.

Satya Narendra.2016.Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.http://www.bisnismart.com/cara-mendapatkan-uang-dari-internet-tanpa-modal/,12 mei 2017.

Baca juga contoh surat lamaran kerja terbaru

Itu adalah beberapa cara penulisan daftar pustaka dan contoh penulisan daftar pustaka yang baik.Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai bahan referensi. namun jika artikel di sini ada yang berbeda dari apa yang dosen pembimbing anda suruh lebih baik ikuti saja dosen pembimbing anda. Dari pada revisi tiada akhir.

Jadi ingat masa masa perjuangan membuat Skripsi.Tentu kalian tau skripsi tidak bisa di lepaskan dari yang namanya daftar pustaka.

Leave a Reply