Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ketombe. Meski terlihat ringan dan bukanlah kondisi yang serius, kehadirannya kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi ketombe agar Anda bisa kembali percaya diri.

Ketombe dapat terjadi ketika pertumbuhan sel kulit mati di kepala lebih cepat dibandingkan dengan pembentukan sel kulit baru. Kondisi yang dapat menyebabkan “hujan salju” di bahu ini memang tidak menular, tetapi bisa memicu rasa gatal pada kulit kepala dan menurunkan rasa percaya diri.

Ketombe memang masalah yang rumit dan dapat mengganggu rasa percaya diri setiap pria. Apalagi, kulit kepala pria memang 2x lebih berminyak dibandingkan para wanita, sehingga lebih rentan memiliki permasalahan ketombe.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa setiap pria pun butuh shampo untuk menghilangkan ketombe khusus yang bisa menyelesaikan masalah hingga ke akar. Pasalnya, menggunakan shampo biasa saja tidak akan menyelesaikan permasalahan ini.

untuk menghilangkan ketombe, ketahui dulu penyebab mendasar kenapa ketombe muncul. Dengan begini, kamu jadi lebih paham bahan apa saja yang bisa membantu menuntaskan masalah rambut yang satu ini.
Secara umum, ketombe merupakan kondisi di mana sel kulit kepala rontok akibat iritasi. Kejadian ini umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak, sehingga menjadi tempat berkembang biaknya jamur malassezia. Gawat, bukan?

Bukan hanya itu saja, seiring berjalannya waktu, malassezia yang hidup di kulit kepala akan memicu iritasi. Hal inilah yang menyebabkan regenerasi sel kulit mati secara cepat dan mengakibatkan serpihan putih yang rontok dan menempel di pundak kamu. Perlu diketahui, hanya shampo untuk menghilangkan ketombe yang mampu melawanm alassezia ini secara efektif.

Macam-Macam Penyebab Ketombe

Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Ragi atau jamur
Ragi atau jamur Malessezia globosa menggunakan minyak di kulit kepala untuk hidup dan berkembang biak. Hal ini membuat kulit kepala bereaksi dengan mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru di kepala.
Normalnya, dibutuhkan waktu sebulan penuh agar sel-sel baru di kulit kepala menjadi matang, mati, dan terkelupas. Namun, pada orang yang berketombe, proses tersebut bisa terjadi hanya dalam waktu 2–7 hari saja.

Kulit kepala kering
Selain kulit kepala berminyak, kulit kepala kering juga bisa memicu penumpukan sel kulit mati di kepala dan menimbulkan ketombe. Bedanya, ketombe akibat kulit kepala kering berukuran lebih kecil dan tidak terlalu berminyak.

Dermatitis kontak
Dermatitis kontak merupakan iritasi kulit yang dapat menimbulkan ruam dan gatal. Jika terjadi di kulit kepala, kondisi ini umumnya disebabkan oleh produk perawatan rambut atau pewarna rambut.
Selain dermatitis kontak, menderita penyakit kulit lain seperti eksim, psoriasis, atau jerawat juga dapat memicu atau memperparah ketombe.

Jarang keramas
Jarang keramas juga dapat menyebabkan Anda berketombe. Kebiasaan ini bisa menyebabkan penimbunan minyak dan sel kulit mati di kepala hingga akhirnya menimbulkan ketombe.

Kondisi medis lain
Selain keempat hal di atas, ketombe juga lebih berisiko dialami oleh orang dengan kondisi medis tertentu, seperti penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, cedera otak dan saraf tulang belakang, HIV/AIDS, dan hepatitis C.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Penyebabnya
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Penyebabnya dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *