Selamat pagi bunda.Apa Buah hati anda sedang dalam masa aktif aktifnya bergerak.Anda merasa kewalahan.Tips Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar ini dapat membantu bunda dalam membesarkan si buah hati.

Pola pendidikan dan pengasuhan anak yang salah dapat mengakibatkan pertumbuhan anak memjadi tidak baik.Buah hati bisa menjadi anak manja,cengeng,penakut dan tidak bisa mengaktualisasi diri terhadap lingkungannya.

Sebagai orang tua tentunya kita ingin buah hati kita tunbuh menjadi anak yang pemberani,jujur,berahlak mulia dan penuh rasa kasih sayang.untuk mendapatkan anak yang seperti itu anda bisa menerapkan cara mendidik anak menurut islam di dalam rumah.

Dalam mendidik anak di perlukan sikap aktif dari ayah dan bunda.Tidak bisa pola pengasuhan dan pendidikan anak hanya di serahkan kepada salah satu pihak saja.Misalnya bunda karena bunda yang lebih banyak di rumah.

Pola tersebut di atas mungkin bsa di terapkan pada jaman dahulu.Tapi sekarang ini sudah tidak mungkin karena banyak dari orang tua yang keduanya sama sama bekerja.Jika demikian keadaannya maka perlu kerjasama dan saling pengertian dari kedua belah pihak

CARA MENDIDIK ANAK YANG BAIK DARI USIA DINI
Pendidikan anak yang baik dan berhasil tentu harus di mulai dari usia dini.karena tahap perkembangan anak sampai dengan usia 2 tahun merupakan usia emas.Atau 1000 hari masa pertumbuhan anak yang paling menentukan dari mulai awal janin sampai 24 bulan.

1.MEMBERI KASIH SAYANG
Didiklah putra putri anda dengan limpahan kasih sayang yang tulus.Anak kecil mempunyai perasaan yang tajam.Walaupun dia belum bisa mengungkapkannya lewat kata kata.Buah hati anda bisa mengetahui anda tulus atau tidak dalam mengasuh dan membesarkannya.

2.PERHATIAN
Beri anak anda perhatian yang cukup.Lihat perkembangannya.Awasi pola makan dan asupan gisinya agar tumbuh sehat dan kuat.Jangan serahkan semua keperluan anak pada pembantu.Orang tua adalah pengasuh utama dan yang terbaik bagi anak.

3.SEBAGAI TEMAN
Teman pertama seorang anak adalah kedua orang tuanya.Sempatkanlah untukbermain beersamanya.Jalin kedekatan secara emosiaonal dengan permainan yang mendidik dan melibatkan seluruh anggota keluarga.

4.RUMAH YANG MENYENANGKAN
Ciptakan suasana di rumah sebagai tempat yang menyenangkan.Jadikan rumah seperti surga didunia.Buat anak anda merasa kerasan dan betah di rumah.Jangan jadikan rumah seperti tempat yang menyeramkan karena setiap anda pulang kerja selalu marah marah.

5.PELINDUNG ANAK.
Yakinkan kepada anak bahwa anda mampu melindunginya dari berbagai macam bahaya dan kerasnya kehidupan.Anda mampu mencukupi kebutuhannya baik secara materi maupun non materi.

6.PENDENGAR YANG BAIK
Posisikan diri anda sebagai pendengar yang baik.Perhatikan saat anak anda bicara dan bercerita.Mungkin ada sesuatu yang ingin dia katakan dan meminta pendapat anda dalam menyelesaikan permasalahannya.

7.TUMBUHKAN RASA INGIN TAU ANAK
Anak kecil memang mempunyai rasa ingin tau yang banyak.Dia akan bertanya tentang segalahal.Tentang hal hal baru yang di lihat dan di alaminya.Berikanlah jawaban yang mudah dan sesuai dengan tingkat kedewasaannya.Jangan larang anak anda untuk bertanya.

8.CONTOH YANG BAIK
Jadikan diri anda sebagai seorang idola bagi si buah hati.Anak anda akan mencontoh sikap,cara berbicara,cara berpakaian dan watak anda.Pastikan bahwa anda sebagai orang tua yang baik.Lembut berbicara kepada anak,Bersikap baik,pemaaf,penuh perhatian dan kasih sayang.Dan yang paling penting sikap dan perbuatan anda tidak bertolak belakang bengan kata kata anda.

9.KONSISTEN
terapkan cara mendidik anak yang baik dalam keluarga ini secara terus menerus.Libatkan seluruh anggota keluarga.dari mulai Ayah,Ibu,Kakak,kakek,Nenek,Pembantu dan mungkin saudara yang tinggal serumah dengan anda.

10.KETAHUI TEMAN PERGAULAN ANAK
Ayah dan bunda pengaruh terbesar dalam perkembangan anak terletak pada lingkungan di mana dia tumbuh.Ketahui siapa teman anak anda.Bukan mengajari anak untuk pilih pilih teman tapi untuk melindungi si anak dari efek pergaulan yang tidak baik.

Semoga ini sebagai referensi bagi anda dalam mendidik anak.Teruslah belajar cara mendidik anak dan meningkatkan pengetahuan kita sebagai orang tua.Dunia akan selau berkembang dan berubah.Kita juga harus mengikutinya.Baca Juga Cara mendidik anak dalam islam

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *