# Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Cara membuat surat lamaran kerja yang sesuai dengan kriteria perusahaan.Membuat surat lamaran mungkin sesuatu hal yang menakutkan.Apalagi bagi anda mahasiswa yang baru lulus.Anda tentu belum berpengalaman dalam membuat lamaran kerja yang baik dan benar.

Jangan khawatir banyak orang yang mengalami hal serupa dengan anda.Mereka akan mulai membuat surat lamaran kerja dengan mencoba coba.Jangan takut salah yang terpenting adalah anda berani memulai hari ini juga untuk menulis surat lamaran.

Berikut adalah cara untuk menulis surat lamaran kerja pertama anda mulai dari awal

Konsep cara membuat surat lamaran kerja

Sebelum Anda mulai mengetik sesuatu, luangkan waktu sejenak untuk menuliskan pengalaman dan keterampilan yang telah Anda pelajari dan relevan dengan posisi yang anda inginkan. Anda tidak bisa membuat satu surat lamaran pekerjaan dan mengirimkan kepada semua perusahaan yang anda minati.

Tidak semua perusahaan sama dalam menerima karyawan.mereka memiliki kriteria kriteria khusus yang akan mereka jadikan pegangan dalam menerima seorang karyawan. Jika anda adalah mahasiswa atau pelajar yang baru lulus ini tentu sangat membingungkan.

Anda tidak bisa menyertakan pengalaman anda dalam bekerja karena anda belum punya pengalaman dalam bidang itu. Tapi jangan khawatir,Banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan fresh graduate.Yang perlu anda lakukan hanyalah menusiskan semua pengalaman anda dengan jujur.

Anda bisa mulai dengan prestasi prestasi yang telah anda raih di universitas maupun di sekolah.Kemudian anda juga bisa menuliskan keahlian keahlian anda misalnya anda ahli dalam bidang IT,Programmer computer maupun ahli dalam bidang pembukuan dan bahasa inggris.Tuliskan saja semuanya siapa tau perusahaan tertarik dengan keahlian anda.

Selain prestasi dan keahlian anda juga bisa menuliskan pengalaman anda dalam bidang organisasi.Tulis saja dalam surat lamaran kerja maupun cv anda bahwa anda berpengalaman di organisasi kepramukaan, OSIS maupun Badan eksekutif mahasiswa.

Perusahaan akan tertarik dengan orang yang berpengalaman dalam bidang organisasi.Mereka tentu membutuhkan pemimpin pemimpin yang bisa menjalankan organisasi perusahaan dengan trampil dan professional.

Tentusaja sesuaikan pengalaman dan keahlian anda untuk bidang bidang yang membutuhkan jenis keahlian tersebut.Anda tidak harus menyertakan dalam tulisan surat lamaran kerja bahwa anda ahli IT jika posisi yang anda lamar adalah seorang koki restoran.

Cara menulis surat lamaran kerja

Setelah anda mempunyai gambaran lengkap tentang diri anda.Sekarang anda bisa mulai membuat surat lamaran kerja.Gunakan jenis surat lamaran kerja yang provisional.Dengan bahasa baku kesuai dengan KBBI.
Jangan sekali kali menulis surat lamaran kerja dengan bahasa gaul.Ini tidak provisional walaupun anda hanya ingin bereksperimen dan mengeksplorasi gaya anda yang sesungguhnya.
Gunakan kata kata yang ringkas dan sederhana.Buat surat lamaran jangan lebih dari satu lembar halaman folio.Jika anda sudah membuatnya tapi lebih dari satu lembar edit lagi hilangkan poin poin yang tidak penting hingga tersisa satu lembar surat lamaran kerja.

Mengoreksi surat lamaran kerja

Setelah surat lamaran kerja anda jadi jangan buru buru anda tandatangani ataupun anda cetak.Koreksi lai penulisan anda.Cek satu persatu apakah ada kesalahan huruf atau tidak.Cek juga penulisan tata bahasa yang anda gunakan.Apakah ada yang janggal dalam penulisannya.Sebagai pedoman anda bisa menggunakan kamus besar bahasa indonesi.Lihat EYDnya
Cari referensi contoh  tulisan surat lamaran kerja di pabrik maupun di rumahsakit ataupun bank. Banyak sekali bertebaran di internet contoh contoh cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.Anda juga bisa meminta bantuan seorang professional untuk membuatkan surat lamaran pekerjaan. Berikut adalah contoh cara menulis surat lamaran kerja yang benar.

Contoh surat lamaran kerja yang baik

Surabaya, 22 Desember 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer HRD
PT.Global Eginering
Jl. Gatot subroto No. 21
Surabaya
Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Global Eginering, Pada harian Jawa Pos tanggal 20 Oktober 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Pemasaran di PT. Global Eginering .Adapun Data diri saya, sebagai berikut:
Nama : Setya Novanto
Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 15 mei 1990
Usia : 23 tahun
Pendidikan Terakhir : Universitas Indonesia (S1)
Alamat Asal : Kelurahan Apel Hijau , Kota Malang
Domisili : Jl.Soekarno , No. 19 Malang
Telepon : 082555xxxxx
Email : Setyanov@gmail.com
Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancer berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan pemasaran yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya baru lulus dari Universitas Indonesia Jurusan Ekonomi Manajemen . Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,

Setya Novanto

Jangan lupa untuk melengkapi surat lamaran kerja dengan CV atau Curriculum Vittae

Itulah cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja.Anda bisa memodifikasi contoh di atas dan menggantinya sesuai dengan kebutuhan anda.Jika anda mau melamar kerja di PT maka buatlah surat lamaran kerja untuk PT.Atau surat lamaran kerja di pabrik maupun di rumah sakit dan bank

Leave a Reply