Loading...

Cara Cek NISN Siswa di KemDikBud Dengan Mudah Secara Online

Cara Cari dan Cek NISN siswa SD,SMP maupun SMA dengan mudah secara online di situs Kemdikbud. NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor data pribadi siswa yang sangat penting karena akan di gunakan sebagai nomor identitas dalam mengurus administrasi di sekolah.

Nomor NISN ini berguna tidak hanya saat siswa Sekolah di jenjang SD,SMP atau SMA namun juga sangat penting di saat siswa tersebut melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional )

Apa itu NISN. NISN adalah nomor induk siswa nasional yang berupa tanda pengenal kode identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku sepanjang masa.

Loading...

Untuk lebi jelasnya saya kutipkan secara utuh pengertian NISN menurut Kemdikbud:

Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).Sumber

Cara Mencari NISN siswa di Kemdikbud

Bagi anda guru atau siswa yang ingin mengetahui berapa nomor NISNnya atau untuk mengecek NISNku sudah falid atau belum bisa mengunjungi situs kemdikbud. Caranya juga sangat mudah tidak harus repor repot.

Sebenarnya ada 2 cara cek NISN di kemdikbud yaitu dengan cara memasukkan nomor induk siswa jika siswa yang bersangkutan sudah mengetahuinya. Hal ini bertujuan untuk mengecek kefalitan data NISN siswa yang bersangkutan.

Jika semua data sudah benar maka siswa atau pihak sekolah tidak perlu melakukan perubahan apapun. namun bila NISN yang di tampilkan di kemdikbud datanya berbeda dari yang di punyai pihak sekolah maka perlu di lakukan koreksi secepatnya.

langkah langkan melakukan perbaikan NISN juga sudah di berikan dengan lengkap di situs kemdikbud.

Cara ke dua adalah dengan mencari NISn siswa berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir. Misalnya jika pihak sekolah atau siswa lupa NISNnya berapa maka bisa mengecek langsung di kemdikbud.

Cek NISN siswa Benar atau salah

Berikut adalah cara cek NISN siswa berdasarkan Nomor Induk siswa. Jadi jika nanti data yang di tampilkan antara NISN dan data diri siswa sudah lengkap dan benar maka NISN tersebut Falid.

Pertama anda login ke

http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Anda bisa copy link di atas ke browser.

Setelah itu anda aakan mendapati halaman seperti pada gambar di bawah ini

cara cek nisn

cara cek nisn siwa benar atau tidak.

Setelah itu anda masukkan nomor induk siswa yang terdiri dari 10 angka. kemudian klik CARI pada contoh di atas saya memasukkan angkaa 0090630911.

Jika nomor induk yang anda masukkan benar dan sudah terdaftar di database NISn online kemdikbud maka akan muncul seperti gambar di bawah ini

cara cek nomor induk siswa nasional berdasarkan NISN

cara cek nomor induk siswa nasional berdasarkan NISN

Dari contoh di atas saya sudah benar memasukkan NISN dan memang NISN tersebut terdaftar di basis data kemdikbud dadi akan muncul data diri siswa.

Pada contoh di atas siswa tersebut berasaal dari surabaya.

Cara cari NISN berdasarkan Nama dan tanggal lahir

cara ke dua saya upamakan siswa atau pihak sekolah tidak mengetahui nomor NISNnya berapa atau dia Lupa dan ingin menggunakan NISN yang dia punyai untuk mendaftar ke erguruan tinggi. maka yang harus di lakukan adalah cek NISn dengan cara nomor dua.  yaitu Pencarian berdasarkan nama

Anda bisaa lihat pada gambar di bawah ini. Ini adalah kolom untuk mencari dan mengecek NISn berdasarkan Nama , tanggal lahir dan tempat lahir

cara cek nisn siswa berdasarkan nama dan tanggal lahir

cara cek nisn siswa berdasarkan nama dan tanggal lahir

pada contoh di atas saya memasukkan nama : Alfin Fahmi Addini
Tempat lahir : surabaya dan tanggal lahir: 12/5/2001

kemudian klik CARI

Maka jika data yang di masukkan benar akan muncul nomor NISN siswa tersebut seperti gambar di bawah ini

cara cari dan cek NISn nomor induk siswa nasional di kemdikbud secara online

cara cari dan cek NISn nomor induk siswa nasional di kemdikbud secara online

Anda bisa lihat muncul nomor NISN dengan nomor 0013190612.

Bagaimana jika NISn yang saya masukkan salah atau tidak terdaftar?.

Jika nomor NISn salah atau tidak terdaftar maka akan muncul pesan untuk menghubungi nomor telepon seperti pada gambar di bawah ini

NISN salah atau tidak terdaftar

NISN salah atau tidak terdaftar

 

Jangan khawatir jika NISN Murid anda salah atau belum terdaftar. coba cek dengan menggunakan nama dan tanggal lahir, Jika keduanya tetap menampilkan pesan kesalahan maka ada baiknya anda segera menghubungi nomor yang tertera di atas 021-57905777 atau nomot layanan NISN 021-57904804 untuk melakukan langkah langkah perbaikan nomor NISn siswa tersebut baik NISN siswa SD,SMP maupun SMA.

baiklah saya rasa cara di atas sudah lengkap dan anda bisa langsung mempraktekkan cara cek NISn nomor induk siswa SD,SMP maupun SMA,

Cara di atas juga bisda di gunakan untuk mengecek NISN siswa maddrasah dan Aliyah yang berasa di bawah departemen agama. baca juga pasal 27

Leave a Reply