Ada beragam cara memutihkan kulit leher, termasuk dengan bahan-bahan alami. Cara alami untuk memutihkan kulit leher ini dapat dengan mudah Anda lakukan sendiri di rumah, sehingga Anda pun bisa lebih percaya diri dengan kulit leher yang terlihat bersih dan cerah.

Paparan sinar matahari, efek samping obat-obatan, gangguan hormonal, dan masalah kulit lainnya bisa menyebabkan kulit di bagian leher menjadi lebih gelap. Tak hanya perubahan warna, tekstur kulit bagian leher juga bisa menjadi lebih kasar dan terasa gatal.

Secara medis, kulit leher gelap yang disertai dengan garis gelap pada kulit bagian belakang leher (acanthosis nigricans) bisa menjadi tanda penyakit diabetes atau resistensi insulin dalam tubuh. Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.

Cara Alami Memutihkan Kulit Leher

Kulit leher yang tampak gelap sebenarnya tidak dapat diputihkan. Namun, Anda bisa membuatnya lebih cerah dengan beberapa cara berikut ini:

Masker madu dan buah
Untuk mencerahkan kulit leher yang gelap, Anda bisa membuat masker dari bahan-bahan alami, seperti madu, yoghurt, dan buah-buahan. Beberapa jenis buah, seperti lemon, pisang, dan pepaya diketahui bisa mengurangi pigmentasi kulit serta mencerahkan dan menutrisi kulit dengan baik.

Anda bisa mencampur tepung dengan beberapa bahan di atas hingga teksturnya menyerupai pasta, seperti masker pada umumnya. Selanjutnya, oleskan adonan masker tersebut ke area wajah, leher, dan area kulit lain yang terlihat gelap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Cuka apel
Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat mengurangi pigmentasi. Anda bisa mencampur cuka sari apel dan air matang dengan takaran yang sama. Selanjutnya, oleskan ke bagian leher yang terlihat gelap dan diamkan selama kurang lebih 2–3 menit, lalu bilas hingga bersih. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari.

Lidah buaya
Lidah buaya diketahui mengandung senyawa aloin, yaitu agen pigmentasi alami. Caranya adalah dengan mengoleskan gel alami lidah buaya pada area kulit yang terlihat gelap. Lakukan hal ini di malam hari sebelum tidur, kemudian bersihkan ketika Anda bangun di pagi hari.

Susu
Susu diketahui dapat mencerahkan area kulit yang terlihat gelap, termasuk di bagian leher. Manfaat ini berasal dari kandungan asam laktat yang ada di dalamnya.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merendam kapas ke dalam susu dan dioleskan ke seluruh area leher yang terlihat gelap. Diamkan hingga maksimal 30 menit dan bilas hingga bersih. Selain mencerahkan kulit, cara ini juga diketahui efektif untuk menghidrasi kulit.

Selain keempat bahan alami di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lainnya, seperti:

  • Melakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung AHA dan BHA
  • Menggunakan serum, krim, dan toner pencerah kulit
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi, seperti sayur dan buah-buahan
  • Mengonsumsi banyak air putih
  • Menggunakan tabir surya dengan minimal SPF30 atau lebih

Selain penggunaan bahan alami, ada beberapa perawatan medis yang juga bisa Anda lakukan untuk mencerahkan kulit leher. Hal ini tentunya harus ditangani langsung oleh dokter.

Dokter akan memeriksa apa yang menyebabkan kulit leher Anda tampak gelap dan meresepkan beberapa obat atau merekomendasikan prosedur mikrodermabrasi maupun terapi laser.

Meski umumnya bukan kondisi yang berbahaya, kulit leher yang gelap bisa saja menjadi tanda penyakit. Konsultasikan ke dokter bila beberapa cara di atas tidak efektif untuk memutihkan kulit leher atau kulit leher gelap disertai dengan rasa gatal yang tak kunjung hilang.

Cara Alami Memutihkan Kulit Leher
Sudah dulu ya sedikit ulasan / gambaran umum saja dari Cara Alami Memutihkan Kulit Leher dan semoga bermanfaat, jangan lupa like and share.

Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *