Loading...

Jenis Bunga Matahari dan Ciri cirinya

Bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annuus L.Bunga yang berwarna kuning ini memiliki bentuk yang khas. bentuk bunganya bertumpuk dan selalu menghadap ke arah matahari terbit. Mungkin itulah kenapa bunga ini di namakan bunga matahari.

Bunga matahari termasuk keluarga kenikir atau Asteraceae. Selain di manfaatkan sebagai tanaman hias bunga matahari juga di ambil minyaknya yaitu minyak biji bunga matahari. Ada juga yang memanfaatkan biji bunga matahari sebagai cemilan. Tentu kalian tau Kwaci. Makanan ringan yang berasal dari biji bunga matahari.

Karena bentuk dan warnanya yang indah Bunga matahari di jadikan  bunga nasional negara bagian kansas  amerika serikat dan juga ukraina di eropa.

Loading...

 

Ciri ciri bunga matahari

bunga matahari

photo bunga matahari credit pixabay.com

Tanaman bunga matahari berasal dari amerika utara seperti Meksiko. Jika di tanam dengan benar tanaman hias ini bisa mencapai ketinggian 3 sampai 5 meter tergantung jenisnya. batang bunga matahari akan tumbuh tegak dan di seelimuti rambut kasar. Mempunyai daun tunggal yang lebar.Jarang sekali di temukan tumbuhan bunga matahari yang bercabang.

Bunganya tersusun majemuk  Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga.

Peyerbukan bunga matahari terjadi secara Alami karena di lakukan oleh serangga.jadi tidak memerlukan campur tangan manusia.

Jenis bunga matahari

gambar bunga matahari

gambar bunga matahari. credit pixabay.com

Bunga matahari memiliki 4 jenis yang bisa di budidayakan. 4 jenis ini di bedakan berdasarkan kegunaannya yaitu:

Bunga matahari penghasil minyak. jenis bunga ini di budidayakan untuk di ambil minyak biji mataharinya. Cangkang biji bunga matahari ini tipis. Untuk membuat 1 liter minyak biji bunga matahari di perlukan 60 Buah bunga matahari. Kandungan minyak dalam biji bunga matahari berkisar antara 48 sampaai 52 %

Bunga matahari untuk pakan ternak. Jadi yang di manfaatkan adalah seluruh daun batang dan bunga mataharinya untuk pakan ternak dan pupuk.

Bunga matahari  tanaman hias: Bunga maahari jenis ini memiliki jenis dan warna bunga yang beragam dan memiliki banyak cabang sehingga cocok sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Bunga matahari kuaci. jadi bunga matahari jenis ini di ambil bijinya untuk di jadikan kuaci. Ternyata tidak semua jenis bunga matahari bisa di jadikan kuaci. Padahal dulunya saya mengira semua bunga matahari bisa di jadikan cemilan kuaci.

Yang pertama kali membudidayakan bunga matahari untuk di manfaatkan nilai ekonomisnya adalah orang orang Indian amerika sejak ribuan tahun yang lalu.Baru kemudian setelah orang orang eropa menaklukan Amerika mereka memperkenalkan Bunga matahari ke wilayah benua eropa.

Biji bunga matahari banyak di gunakan sebagai campuran roti maupun pengganti kopi. Sedangkan untuk pemanfaatan minyak biji bunga matahri baru di lakukan mulai awal abad 19. Baca juga bunga kamboja dan bunga krisan

Bunga matahari akan tumbuh dengan baik jika di tanam di wilayah sub tropik. Sedangkan di indonesia karena berada di wilayah tropis perkembangan bunga matahari kurang begitu baik. Untuk mensiasati hal tersebut bisa di lakukan dengan menananma di daerah pegunungan yang mempunyai suhu lebih dingin di banding dataran rendah. Hal ini untuk menyesuaikan dengan habitat aslinya. Sumber wikipedia

 

Leave a Reply