Loading...

Bunga Krisan : Cara Menanam dan Merawatnya

Bunga Krisan atau atau bunga seruni adalah jenis tanaman hias yang sering di tanam di pekarangan rumah atau dalam pot. Bunga krisan ini memiliki nama latin Chrysanthemum.Bunga krisan merupakan bunga nasional jepang yang indah dan memiliki aroma wangi yang khas. Bunga krisan sering di manfaatkan sebagai campuran teh agar beraroma wangi. Tentu kalian sering melihat iklan teh dengan bunga krisantemun sebagai bahan campurannya.

Krisan termasuk bunga dalam keluarga kenikir. kalian taukan kembang kenikir walaupun warnanya indah namun baunya kurang menarik.Bunga krisan memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena merupakan bunga potong yang sangat di minati. kembang seruni ini bisa di gunakan sebagai karangan bunga penghias dekorasi pesta pernikahan maupun acara acara resmi lainnya

Oleh karena itu banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan bunga krisan di dalam pekarangan rumahnya ataupun  dalam skala besar dengan menggunakan teknik tanam modern.

Loading...

Bunga krisan di tanam di rumah kaca atau rumah dengan pelindung atap plastik sehingga sinar matahari tetap dapat menyinari bunga krisan.

Bunga krisan akan tumbuh dengan baik jika di tanam di daerah yang tidak terlalu panas.Cocok di budidayakan di daerah pegunungan atau daerah dengah hawa sejuk sepanjang tahun.

Cara menanam bunga krisan dalam pot

Sebenarnya bunga krisan dapat di tanam langsung di dalam tanah dan bisa tumbuh dengan baik. Namun jika anda ingin menanam bunga krisan dalam pot ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar bunga krisan dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga yang bagus.

Pertama siapkan media tanah terlebih dahulu. pilih tanah yang tidak terlalu basah namun juga jangan terlalu kering. Campur tanah tersebut dengan pupuk kompos atau pupuk organik.

Sebenarnya jika anda tinggal di desa anda bisa dengan mudah menemukan pupuk kandang sebagai campuran tanah di dalan pot.

Namun jika anda kebetulan tinggal di wilayah perkotaan anda bisa membeli pupuk organik sebagai campuran tanahnya.

Media tanam terbaik di dalam pot untuk tanaman hias adalah dengan menambahkan sekam padi dan arang di dalam pot. Anda bisa membelinya di penjual bibit tanaman hias di dekat rumah anda.

setelah media tanam siap anda tinggal tanam bibit bunga krisan yang sudah di siapkan ke dalam pot. Jika anda menanam bibit buga krisan hasil dari menyebar biji maka waktu terbaik memindahkan bibit buga krisan ke dalam pot adalah saat bunga tersebut belum telalu tinggi.

Bibit bunga krisan yang masih kecil akan lebih mudah untuk tumbuh. berbeda dengan bibit bunga krisan yang sudah terlalu besar.

Bunga krisan mudah sekali tumbuh. Bunga krisan potong sisa acara pernikahanpun bisa tumbuh dan hidup jika anda tanam kembali. Cobalan anda ambil beberapa bunga krisan potong yang masih segar. Anda tanam dalam pot. Insaalloh akan tumbuh

Agar dapat tumbuh dengan baik bunga krisan memerlukan tambahan cahanya lampu pada malam hari. Itulah kenapa jika anda berkunjung ke tempat pembibitan bunga anda akan menemukan banyak lampu lampu penerangan di atas bibit bunga krisan.

Hal ini untuk mempercepat pertumbuhan bunga krisan agar tumbuh dengan baik. Pemakaian lampu ini hanya di masa masa awal tanam.

Cara merawat bunga Krisan

Cara merawat bunga krisan sangat mudah. Anda tinggal rutin menjaga bunga krisan dari serangan hama baik yang berupa ulat serangga maupun jamur tanaman.

Untuk menghilangkan hama yang menyerang bunga krisan bisa menggunakan obat pestisida dengan dosisi tidak terlalu kuat. Untuk jamur tanaman disa di semprot dengan fungisida.

Untuk lebih jelasnya bisa anda tanyakan kepada penjual bibit tanaman hias atau toko penyedia bibit dan obat obatan pertanian.

Penyiraman bisa di lakukan sehari sekali dengan air bersih atau sesuai kebutuhan.

Seminggu sekali bisa anda tambahkan pupuk cair seperti supermes. Saat menjelang tanaman hias bunga krisan berbunga bisa anda semprot dengan obat penyubur bunga agar bunganya semakin bagus dan berukuran maksimal anda bisa membelinya di toko pertanian.

Saat menyiran bunga krisan jangan sampai kena daun atau bunganya. Yang anda siram cukup batangnya saja.

Agar bunga krisan potong dapat bertahan lama kesegarannya bisa anda masukkan ke dalam pot yang berisi air. Setisp hari anda potong sedikit batang bunga krisan tersebut dengan gunting yang tajan. Dengan arah potongan membentuk sudut lancip.

Jenis Bunga Krisan

Ada bermacam macam jenis bunga krisan. Berikut akan saya berikan beberapa contoh jenis bunga krisan berdasarkan warnanya.

Bunga Krisan Putih

bunga krisan putih

Photo bunga krisan putih

Gambar Bunga krisan putih

gambar bunga krisan putih

gambar bunga krisan putih

Bunga krisan Pink

Masih penasaran dengan jenis jenis bunga krisan yang lain. Berikut saya kasih gambar bunga krisan pink yang mempesona.

gambar photo bunga krisan pink

photo bunga krisan pink

Photo Bunga krisan

photo bunga krisan

photo bunga krisan

Gambar Bunga Krisan

 

photo bunga krisan

photo bunga krisan

Bagaimana kumpulan gambar bunga krisan di atas. Bagus dan cantik cantik bukan. Jika anda suka anda bisa menanamnya sendiri di rumah dengan menggunakan pot atau polybag. Baca juga kumpulan photo bunga mawarReverensi artikel wikipedia

Leave a Reply