Loading...

Bunga Kamboja: Jenis dan Khasiatnya

Bunga kamboja memiliki nama latin plumeria karena di temukan oleh botanis berkebangsaan prancis bernama charles plumier.Jika anda mengira bunga kamboja berasal dari kamboja maka anda salah besar. Ternyata bunga kamboja tidak ada hubungan sama sekali dengan negara kamboja.

Bunga kamboja berasal dari benua Amerika. banyak tumbuh di amerika tengah seperti equador, Venezuela,kolombia dan meksiko.Karena bukan asli bunga dari indonesia di perkirakan bunga kamboja datang ke indonesia di bawa oleh penjajah belanda dan portugis.

mereka membawanya langsung dari daratan amerika. Tapi entah mengapa di Indonesia bunga kamboja identik dengan area pemakaman. Jika anda amati pemakaman umum di daerah anda maka anda akan mendapati banyak bunga kamboja yang tumbuh di sana.

Loading...

hal ini juga menandakan sebuah pemakamam. Bukan tanpa alasaan orang orang jaman dahulu menanan bunga kamboja di area pemakaman. Bunga ini mempunyai bau yang harum dan warna bunganya yang putih menambah aroma mistis di pemakaman.

photo bunga kamboja

photo bunga kamboja credit pixabay.com

Pohon bunga kamboja dapat tumbuh dengan baik di semua tempat. Namun akan tumbuh subur dan berbunga sangat bagus di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 700 meter di atas permukaan laut.

Jenis bunga kamboja tidak hanya satu. banyak jenis bunga kamboja tumbuh di Indonesia. Namun anda akan menjumpai banyak pohon bunga kamboja tumbuh di pulau bali. Mungkin karena bunga kamboja ini sering di gunakan dalam upacara keagamaan.

 Jenis bunga kamboja

Ada bermacam macam jenis pohon bunga kamboja di antaranya adalah:

1.Plumeria Bali-Whirl. Bunga kamboja ini memiliki mahkota yang bertumpuk, Jika anda ingin menanam bunga kamboja ini anda bisa melakukannya dengan cara di setek.

gambar bunga kamboja

gambar bunga kamboja credit pixabay.com

2.Plumeria Acuminata, mempunyai bentuk mahkota yang  membulat dan  bagian ujungnya menggulung.

Loading...

3.Plumeria Acutifolia, bunga kamboja ini memiliki bau yang harum dan berkhasiat untuk obat kencing nanah, bengkak serta bisul.Di bali bunga kamboja jenis ini di gunakan dalam upacara keagamaan.

4.Plumeria Cendana, mempunyai bau harum namun  getahnya mengandung racun yang mengakibatkan gatal gatal

5.Plumeria Kok Putih, bunga kamboja ini sekalipun sudah mekar tetap terlihat agak kuncup.

6.Adenium Obesum, namun  orang-orang menyebutnya dengan bunga kamboja Jepang.Walaupun namanya kamboja jepang Bunga ini bukan berasal dari negeri sakura melainkan dari Benua Afrika, tepatnya Tanzania, Kenya, dan Uganda di kenal dengan nama mawar padang pasir.

bunga kamboja jepang

Bunga kamboja jepang.

Khasiat Bunga Kamboja

Selain bunganya yang wangi dan indah bunga kamboja memiliki manfaat yang sangat baik untuk pengobatan. Karena bunga kamboja ini mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat seperti  triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin.

1.Zat-zat yang terdapat dalam bunga kamboja  bersifat antipiretik  sehingga dapat menurunkan demam,

2.Zat Antiinflarnatif  untuk mengatasi radang

3.zat Analgesik  untuk meredakan rasa sakit.

4.Bunga kamboja juga berguna untuk mengurangi nyeri haid dan mencegah pingsan akibat udara panas atau terkena sinar matahari

5.Mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan melumaskan getah kamboja pada kapas kemudian  kapas ini  di masukkan ke dalam gigi yang berlubang, Tapi anda harus ingat jangan sampai mengenai gigi yang sehat. Biasanya getah Kamboja mempunyai efek samping mengkeroposkan gigi sehingga gigi akan mudah tanggal sedikit demi sedikit. Baca juga cara menanam bunga krisan

Jika anda mahir memasak bunga kamboja juga bisa di gunakan sebagai bahan masakan. Anda cari saja resepnya di internet. Pasti sudah banyak yang membuatnya. Reverensi wikipedia

Leave a Reply