# Tujuan koperasi Indonesia

Apakah kalian tau apa tujuan koperasi?Kali ini saya akan membahas tujuan koperasi di indonesia.Koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia mempunyai tujuan yang mulia yaitu mengembangkan kesejahteraan anggotanya dan juga masyarakat sekitar secara umum.
Di lihat dari pengertiannya koperasi Indonesia adalah perkumpulan orang orang.Bukan perkumpulan modal sehingga tidak mempunyai tujuan koperasi tidak untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.

Tujuan koperasi

Walaupun begitu koperasi tetap harus memperoleh untung untuk menjaga kelangsungan koperasi.dan memberikan manfaat kepada anggotanya secara konsisiten dan terus menerus selama koperasi tersebut berdiri.

Tujuan koperasi yang kedua adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur baik di bidang material maupun spiritual berdasarkan pancasila dan undang undang dasar 1945.Yang ini tentu saja sesuai dengan jiwa pancasila yang menjadi landasan idiil bangsa indonesia.

Tujuan koperasi  menurut uu no 25 tahun 1992

“Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada
umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian Nasional dalam rangka mewujudkan
masyarakat yang maju ,adil ,dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar
1945”

Jika di lihat dari tujuan koperasi menurut uu no 25 1992 maka misi utama dari koperasi adalah untuk menyejahterakan anggota dan masyarakat sekitar koperasi.Hal in bisa di lakukan dengan cara mengambil karyawan dari daerah tersebut ataupun melakukan kegiatan amal.
Seperti program CSR dari perusahaan perusahaan besar.Walaupun kalau dari koperasi lingkupnya sangat kecil dan terbatas dalam memberikan bantuan maupun modal usaha.

Tujuan koperasi menurut bung Hatta

Sedangkan menurut bung hatta yang merupakan Bapak koperasi Indonesia menyatakan bahwa  tujuan koperasi ada 4 yaitu:

1.Mensejahterakan para anggota koperasi dan masyarakat. jadi anggota koperasi itu harus sejahtera dan masyarakat sekitar juga harus ikut menikmati kesejahteraan dengan adanya koperasi.
2.Mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur.Jadi anggotta koperasi itu harus maju di bidang ekonomi,adil dalam pengelolaan koperasi serta pembagian SHU serta memakmurkan anggota dan masyarakat sekitar.
3.Memperbaiki kehidupan para anggota dan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi.Jadi koperasi ikut berperan dalam memperbaiki tingkat ekonomi para anggotanya.Dari yang dulu pra sejahtera menjadi sejahtera 1 dan sejahtera 2.
4.Membangun tatanan perekonomian nasional.jadi koperasi ikut berperan di dalam pertumbuhan ekonomi bangsa indonesia.
Setelah anda mengetahui tujuan koperasi baik koperasi simpan pinjam maupun koperasi jasa pada intinya adalah sama.Yang membedakan adalah hal hal kecil lainnya yang di atur sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing masing koperasi.

Fungsi dan peran Koperasi adalah

Lebih jelasnya tujuan koperasi di jabarkan lagi dalam fungsi dan peran koperasi di uu koperasi no 25 tahun 1992 bab III pasal 4. yaitu

a. membangun dan mengembangkan potesi dan kemampuan ekonomi anggota pada
khususnya dan pada masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan
ekonomi dan sosialnya;
b. berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan
masyarakat ;
c. memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perkonomian
nsional dengan koperasi sebagai sokogurunya ;
d. berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perkonomian nasional yang merupakan
usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Semoga penjelasan saya yang singkat tentang tujuan koperasi fungsi serta perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di indonesia dapat di laksanakan oleh para pemegang kepentingan dan para pelaku koperasi di Indonesia.Baca jugamanfaat koperasi simpan pinjam

Leave a Reply