# Syarat pengawas koperasi dan tugasnya

Salah satu unsur organisasi koperasi adalah pengawas koperasi.Di pundak mereka terdapat beban yang besar yaitu mengawasi seluruh jalannya koperasi secara keseluruhan serta mengawasi kinerja pengurus dan karyawan koperari di dalam melaksanakan kewajibannya.

Syarat pengawas koperasi
Syarat pengawas koperasi

Pengertian pengawas koperasi

Jadi Pengawas koperasi adalah orang yang bertugas mengawasi dan memeriksa organisasi koperasi serta bidang usaha yang di lakukan oleh koperasi juga mengefaluasi kebijakan dari pengurus dan bertanggung jawab kepada rapat anggota.

Tugas pengawas koperasi

  • Tugas pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi.termasuk organisasi, usaha-usaha dan pelaksanaan kebijaksanaan pengurus
  • Membuat laporan tertulis tentang pemeriksaan kinerja pengurus dan karyawan kepada anggota koperasi. Dalam hal ini pengawas bertindak sebagai orang kepercayaan anggota untuk  menjaga harta kekayaan anggota dalam koperasi jangan sampai di selewengkan oleh pengurus dan karyawan koperasi.
  • Bertanggung jawab penuh kepada Anggota koperasi dalam Rapat Anggota Koperasi. baik RAT tahunan maupun RAT insidental sesuai dengan kebutuhan koperasi

Syarat-syarat menjadi pengawas koperasi

  • Mempunyai kemampuan berusaha. Dalam hal ini pengawas haruslah orang yang mempunyai pengetahuan tentang koperasi dan bidang usaha koperasi yang di jalankan.
  • Pemimpin. Yaitu mempunyai sifat sebagai pemimpin, yang disegani anggota koperasi dan masyarakat sekelilingnya.       
  • Dihormati.maksudnya dihargai pendapatnya, diperhatikan saran-sarannya dan iindahkan  nasihat-nasihatnya.
  • Pemberani.Maksudnya pengawas harus  berani mengemukakan pendapatnya jika kebijakan yang di keluarkan oleh pengurus melenceng dari AD ART koperasi
  • Rajin bekerja, semangat dan lincah.
Itulah sedikit pembahasan tentang pengertian pengawas koperasi.Tugas dan fungsi pengawas serta syarat syarat seorang pengawas koperasi.Semoga bisa membantu anda memahami lebih mendalam tentang perangkat organisasi koperasi dalam hal ini adalah pengurus koperasi.

Leave a Reply