# Pengertian asuransi kerugian menurut para ahli terbaru

Pengertian Asuransi Kerugian

Di jaman modern ini kita tidak lepas dari berbagai produk jasa keuangan yang semakin berkembang.Salah satunya adalah asuransi.Kita mengenal bermacam macam jenis asuransi di antaranya adalah asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan  dan asuransi kerugian.

Pengertian asuransi kerugian menurut para ahli terbaru 2016
Pengertian asuransi kerugian

pada pertemuan kali ini saya akan membahas pengertian dari asuransi kerugian menurut undang undang maupun menurut para ahli yang sudah saya rangkum di bawah ini

Sebelum saya menjelaskan pengertian asuransi kerugian ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari asuransi secara umun. Berikut saya kutip pengertian asuransi dari wikipedia. Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga.

menurut  Kitab Undang – Undang Hukum Dagang (KUHD) Pasal 246 definisi asuransi adalah suatu transaksi pertanggungan yang melibatkan dua pihak, yaitu tertanggung dan penanggung. Dalam hal ini perusahaan asuransi bertindak selaku penanggung terhadap kemungkinan risiko kerugian yang dialami tertanggung. 

Caranya  adalah dengan penanggung menerima sejumlah premi atau uang  menjamin pihak tertanggung bahwa ia akan mendapatkan penggantian terhadap suatu kerugian yang mungkin dideritanya sebagai akibat dari suatu peristiwa yang semula belum tentu akan terjadi atau yang semula belum dapat ditentukan saat terjadinya.

Unsur Asuransi 

Berdasarkan pengertian  asuransi dari KUHD pasal 246 , maka dapat di simpulkan bahwa dalam asuransi terkandung empat unsur penting , yaitu :
1. Insured atau pihak tertanggung  yang berjanji untuk membayar premi kepada pihak penanggung sekaligus atau secara berangsur – angsur.jadi penerimaan premi dari nasabah  bisa diperoleh sekaligus ataupun secara bertahap dengan setoran  setiap bulan .tergantung perjanjian awal saat membuka polis asuransi.
2. Insurer atau pihak penanggung  yang berjanji akan membayar sejumlah uang  pengganti  kepada pihak tertanggung sekaligus atau secara berangsur – angsur. Apabila terjadi sesuatu yang mengandung unsur tidak tertentu.
3.Accident atau suatu peristiwa  yang tidak tertentu  atau tidak diketahui sebelumnya.seperti kecelakaan ataupun kebakaran.
4. Interest atau kepentingan  yang mungkin akan mengalami kerugian karena peristiwa yang tidak tertentu.

Pengertian asuransi kerugian menurut para ahli 

  • Menurut William dan Heins yang dikutip oleh Djojosoedarso  mendefinisikan asuransi berdasarkan dua sudut pandang, yaitu :

1. Asuransi adalah suatu pengamanan terhadap kerugian finansial yang dilakukan oleh seorang penanggung.
2. Asuransi adalah suatu persetujuan dengan mana dua atau lebih orang atau badan mengumpulkan dana untuk menanggulangi kerugian finansial.

Di atas adalah pengertian asuransi menurut William dan Heins.Sekarang pengertian asuransi kerugian menurut Molengraaff  yang di kutip oleh Djojosoedarso 

Asuransi kerugian adalah persetujuan dengan mana satu pihak penanggung mengikatkan diri terhadap yang lain – tertanggung – untuk mengganti kerugian yang dapat diderita oleh tertanggung, karena terjadinya suatu peristiwa yang telah ditunjuk dan yang belum tentu secara kebetulan, dengan mana pula tertanggung berjanji untuk membayar premi.

Dari ketiga defenisi tersebut diatas dapat diketahui bahwa orang bersedia membayar kerugian yang sedikit untuk masa sekarang agar bisa menghadapi kerugian – kerugian besar yang mungkin terjadi dimasa yang
akan datang.

Baca juga Pengertian manajemen menurut para ahli

Setelah anda mengetahui pengertian asuransi menurut para ahli sekarang coba anda definisikan pengertian asuransi kerugian menurut anda.Anda bisa membuatnya dengan kata kata anda sendiri.Hal ini bisa anda lakukan dengan menggabungkan beberapa pengertian asuransi kerugian menurut undang undang dan menurut para ahli menjadi satu kesatuan.Dengan menambah ataupun mengurang pengertian asuransi kerugian diatas jika di rasa tidak sesuia.

Leave a Reply