Pantai Indrayanti Jogja yang Mempesona

Pantai indrayanti terletak di kecamatan tepus,kabupaten gunung kidul,jogjakarta.Nama pantai ini sebenarnya pulung syawal tapi orang orang terlanjur mengenal pantai ini dengan nama pantai indrayanti.Sebenarnya indrayanti adalah nama pemilik cafe dan restoran di pantai pulang sawal.Karena papan nama yang mencolok di sana adalah indrayanti maka orang orang lebih mengenal nama ini sebagai nama pantai.Sedangkan pemerintah jogja sendiri hanya mengakui nama pulang sawal sebagai nama resmi pantai indrayanti.

Gunung kidul merupakan sebuah kabupaten di jogjakarta dengan bentangan alam berupa batu kapur.Di balik penampakan alamnya yang gersang dan tandus gunung kidul menembunyikan pesona keindahanpantai yang sulit di temui di wilayah lainnya.Pantai gunung kidul merupakan jajaran pantai di laut selatan atau orang jawa menyebutnya laut kidul.Kalau sudah menyebut laut kidul tentu ingatan kita tidak akan lepas dari legenda nyi roro kidul ratu pantai selatan.
pantai Indrayanti gunung kidul

pantai Indrayanti gunung kidul Credit image Wikipedia

Disini saya tidak akan membahas legenda pantai pantai di gunung kidul yang akan saya suguhkan adalah pesona wisata pantai di gunung kidul yang paling bagus dan harus anda kunjungi saat berlibur ke jogja.Tentu saja setelah anda mampir ke kraton dan malioboro.Karena belum ke jogja kalau tidak jalan jalan di malioboro dan singgah di kraton.Setelah anda puas di jogja mari perjalanan kita lanjutkan ke kabupaten gunung kidul.Dimana itu?tentu sesuai dengan namanya dari jogja anda harus ke selatan.

Mari kita mengunjungi pantai yang paling terkenal di gunung kidul.Coba anda sebutkan satu saja pasti anda akan menyebutkan pantai Indrayanti.

 Oke.itu adalah sebagai paragraf pembuka sekarang kita kembali ke pokok bahasan ini dia pantai gunung kidul yang paling bagus
Saya pertama kali datang ke pantai indrayanti bersama sama teman mahasiswa yang sedang mengadakan studi wisata ke jogjakarta dan gunung kidul.Kami Serombongan menggunakan Bus besar yang muat sekitar 6o orang.Di karenakan ini acara kampus jadi kami semua harus mengikuti jadwal yang ada.
Singkat cerita kami tiba di pantai indrayanti jogja menjelang sore hari sekitar jam 15.00 WIB.Begitu turun dari bus saya langsung terpesona dengan keindahan pantai indrayanti atau pantai atau nama resmi yang di berikan oleh pemerintah gunung kidul adalah pantai pulang syawal.
Begitu menginjakkan kaki di pasir putih pantai indrayanti hati ini berdebar debar.begitu indah pemandangan yang terhampar di depan mata.laut biru yang membentang luas di samudra hindia.Ombak pantai seakan menari nari mengajak kami untuk bermain di dalam deburan ombak.

Karena saya tidak bisa berenang maka saya hanya melihat teman teman yang bermain di dalam ombak.Tanpa saya sadari air laut ternyata mengenai kaki saya yang telanjang di atas pasir.Dengan reflek sayapun melompat.temanteman tertawa.ternyata saya tidak siap dengan ombak yang datang.

Di kejauhan nampak beberapa rombongan muda mudi sedang menaiki tebing yang ada di sisi timur pantai.Sebuah bukit karang yang menjulang tinggi.Sebuah spot yang bagus untuk melihat luasnya pantai indrayanti dari sisi barat sampai ke timur.
Pantai indrayanti gunung kidul merupakan sebuah pantai yang bersih.Tertata rapi dan sesekali ada penjaga pantai yang berlalu lalang untuk mengawasi pengunjung dan memperingatkan mereka agar tidak bermain ombak terlalu ke tengah karena berbahaya.
Kebersihan pantai ini tidak terlepas dari campur tangan swasta dalam mengelola pantai.Di sepanjang pantai terdapat restoran  dan penginapan pantai indrayanti yang di kelola oleh swasta.mereka  siap memanjakan wisatawan yang akan  menginap di sana.
Bagi yang tidak suka berpanas panas ria dapat bersantai di  gazebo yang menghadap ke arah laut.
Anda bisa memandangi birunya air laut yang jernih besertapasir putih yang membentang sambil menikmati segarnya es kelapa muda.Jika ingin mencicipi kuliner seafood anda juga bisa memesan kepiting dan lobster di sana.Nasi goreng juga ada jika anda alergi dengan olahan seafood.
Sedang asik asiknya foto foto beberapa tukang foto nampak ikut jeprat jepret ke arah kami entah apa yang mereka lakukan.kamipun asik berfoto di iringi kembusan angin laut yang berbisik di telinga.
Selang beberapa saat tukan foto tadi yang jeprat jepret mendekatim kami dengan membawa gambar foto kami serombongan.Dia menawarkan 10.000 unruk satu lembar foto.Ternyata mereka adalah tukang foto pantai indrayanti.mengandalkan keberuntungan agar pengunjung yang datang mau membeli foto diri mereka yang sudah di cetak.Sebenarnya jika kita tidak membeli foto itu pun tidak apa apa tapi karena hasilnya lumayan bagus saya beli selembar yang sudah di cetak.Lumayan untuk kenang kenangan.

Tiket masuk masuk pantai indrayanti

pantai Indrayanti jogja

pantai Indrayanti jogja Credit Wikipedia

Tiket masuk ke pantai indrayanti hanya 10.000 rupiah untuk satu orang.Jika anda datang bersama rombongan maka biasanya akan ada diskon.
Fasilitas di sana sudah sangat memadai dan memanjakan wisatawan yang berlibur kesana.Ada air bersih yang melimpah,Kamarmandi serta mushola.Jika lapar anda bisa memilih jajanan yang ada di pantai indrayanti dari warung kecil yang menyediakan bakso dan nasigoreng sampai restoran yang menyediakan kuliner seafood.
Matahari sudah mulai tergelincir.Pantai indrayanti jogja ini memang tempat yang cocok untuk melihat matahari terbenam ke dalam laut.Sayang kami serombongan harus segera pergi meninggalkan pantai sebelum melihat matahari terbenam.
Kami serombongan pun meninggalkan pantai indrayanti di iringi semburat kekuningan matahari yang akan tenggelam ke birunya samudra hindia.
Selamat tinggal pantai indrayanti jogja.Semoga kami selamat sampai tujuan.Di dalam bus yang terus melaju ke wonosobo saya terkantuk kantuk kedinginan.perjalanan masih jauh.tengah malam kami baru akan tiba di kota tercinta di bawah pegunungan dieng. 

Jalan menuju ke pantai indrayanti

pantai indrayanti pasir putih

pantai indrayanti pasir putih Credit Wikipedia

Untuk menuju Pantai Indrayanti Kabupaten Gunungkidul, perjalanan terbilang mudah karena jalan telah beraspal halus. Tetapi Anda tetap disarankan untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, sebab dari pusat Kota Yogyakarta masih belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi Pantai Indrayanti. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, maka rute yang harus ditempuh adalah sebagai berikut :

Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jln. Kyai Legi – Jln. Lingkar Selatan – Jln. KRT Djojodinigrat – Jln. Girisubo – Wonosari – Jln. Saptosari – Tepus – (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur arah Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti.Sumber wikipedia

Leave a Reply