Obat sariawan Alami penyebab dan pencegahannya

Pernahkah kalian mengalami sariawan di ronggga mulut dan bibir ?Bagaimana rasanya pasti jadi tidak enak makan dan tidak enak tidur.Jika sudah begini kalian harus segera mencari obat sariawan alami atau obat sariawan tradisional.Bahan bahannya mudah di temukan karena merupakan tanaman di sekitar kebun dan bumbu dapur.

Efek samping dari sariawan selain rasa sakit juga akan menyebabkan nyeri di kepala dan jadi mudah marah.Ini karena pingin makan tidak selera.cara mengobati sariawan selain dengan cara tradisional juga bisa dengan obat sariawan di apotek.tentu saja jika kalian menggunakan obat sariawan di apotik kalian harus menggunakannya sesuai dengan petunjuk dokter atau sesuai dengan aturan yang ada di kemasan produk.

Baca juga efek samping jika harus memakai obat sariawan dari apotek.Akan lebih sehat alami jika kalian mau menyembuhkan sariawan dengan obat tradisional.

Sariawan tidak hanya menyerang orang dewasa laki laki dan perempuan tetapi juga bisa menyerang anak anak dan bayi.Sariawan pada bayi tentu saja penanganannya berbeda.Cari obat sariawan bayi dengan resep dokter anak.Ingat pepatah buat anak jangan coba coba apa lagi ini bayi kecil anda yang menggemaskan.

Pengertian sariawan

Dalam mempelajari sesuatu haruslah runtut jadi sebelum saya membahas penyebab sariawan.Pencegahan dan obat sariawan maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan pengertian dari sariawan.Hal ini untuk memudahkan anda membedakan antara sariawan dan penyakit mulut lainnya.

Sariawanatau stomatitis aftosa  adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Fakta mengejutkan tentang sariawan adalah wanita lebih rentan terserang penyakit sariawan. Jadi jangan heran jika istri anda atau saudara perempuan anda sebentar sebentar mengeluh sakit sariawan hal ini wajar karena mereka lebih sering terkena sakit sariawan dari pada pria.Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi penduduk duia  menderita dari penyakit sariawan , dan wanita lebih mudah terserang dari pada pria.

Penyebab sariawan

Seperti janji saya di atas maka pada bab pertama saya akan membahas penyebab sariawan kenapa sering muncul di rongga mulut dan bibir.Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan yaitu

  1. Luka tergigit.Apakah kalian sering memperhatikan jika setelah tergigit maka beberapa hari kemudian dari bekas luka gigitan tersebut akan muncul sariawan yang rasanya sangat perih. Cekungan di dalam rongga mulut namun lebih banyak di daerah bibir hal ini karena bibir kita merupakan area yang mudah sekali tergigit.
  2. mengonsumsi makanan atau minuman panas.pola makan yang buruk juga akan menyebabkan sariawan di bibir dan mulut. Jika anda sering mengkonsumsi makanan dalam keadaan panas maka akan mudah terserang sariawan. hal ini di sebabkan karena makanan panas dapat merusak dinding bibir maupun rongga mulut bagian dalan. Dinding yang terkikis dan tipis mudah sekali untuk luka.Dari luka kecil tersebut akan muncul bibit penyakit sariawan dan semakin lama lingkaran tersebut semakin membesar dengan lingkaran berwarna putih.
  3. Alergi. Setiap orang mempunyai jenis makanan yang tidak cocok dengan dirinya.Dan yang paling banyak adalah alergi dengan makanan yang terlalu asam.kecut ataupun pedas.Alergi terhadap jenis makanan ini bisa memicu penyakit sariawan.Jadi hati hati saat mengkonsumsi makanan atau buah tertentu. Ingat ingat saat anda terkena penyakit sariawan anda habis makan apa saja. Siapa tau hal  tersebut di sebabkan karena anda alergi makanan tersebut dan menyebabkan sariawan.
  4. kekurangan vitamin C. kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan sariawan sering muncul  di bibir dan mulut.Dalam hal ini adalah vitamin C.Oleh sebab itu anda di anjurkan untuk selalu mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. Serta bila perlu bisa mengkonsumsi vitamin c dalam bentuk kapsul atau permen.Stomatitis Aphtous atau Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik ataupun penggunaan gigi palsu baru.

    Pemakaian kawat gigi juga bisa memicu sariawan jadi konsultasikan ke dokter gigi tempat anda ingin memasang kawat gigi dan yang paling penting tetap menjaga kebersihan kawat gigi atau beghel.

    Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah skorbut  atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit.

  5. Zat besi.Kekurangan zat besi dalam jangka panjang akan memicu penyakit sariawan. Biasanya sariawan akan sering muncul. Baru sembuh sudah muncul kembali.
  6. kelainan pencernaan.Biasanya karena panas dalam sehingga akan memicu sariawan dan mulut terasa kering.
  7. Kebersihan mulut tidak terjaga. kurang menjaga kebersihan mulut. jika mulut penuh dengan bakteri maka sariawan akan timbul dengan cepat.
  8. Faktor psikologi. Hindari stres.jangan biarkan stress berlama lama dalam diri anda.Selesaikan pekerjaan dan masalah pribadi secepatnya.Semakin anda cepat meyelesaikan segala masalah maka stress akan pergi dari diri anda dan sariawanpun tak akan mampir ke dalam mulut.Stres memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh yang mungkin menjelaskan mengapa beberapa kasus seriawan berkorelasi langsung dengan kondisi stres. Sering dikatakan bahwa seriawan banyak timbul pada masa-masa ujian, serta berkurang pada saat musim liburan.

9.Kondisi tubuh yang tidak fit. Jika badan anda lemah dan sedang sakit maka sariawan biasanya juga ikut ikutan muncul di rongga mulut.Jadi tetap jaga tubuh anda segar sepanjang hari dan jangan begadang terlalu malam.

Berikutnya akan di jelaskan penyebab penyebab sariawan secara khusus.karena pada tahap ini sariawan tidak di sebabkan oleh ke 9 hal yang di jelaskan di atas namun ada sebab lain yang lebih khusus.

Sariawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.Jika anda menderita sariawan seperti ini ada baiknya anda cepat cepat memeriksaka diri ke dokter spesialis maupun ke rumah sakit terdekat.

 

Tanda tanda sariawan

1.Penderita sariawan tidak menunjukkan gejala yang terdeteksi secara sistemik. Secara umum, gejala yang terjadi meliputi sensasi prodromal seperti terbakar, gatal atau rasa menyengat yang mendahului, beberapa jam sebelum terjadinya luka, serta rasa nyeri yang sering tidak sesuai dengan tingkat ulserasi dan diperparah dengan kontak fisik, terutama dengan makanan dan minuman tertentu.

2.Nyeri terburuk terjadi sejak terjadinya seriawan, dan berangsur-angsur berkurang seiring dengan berlangsungnya proses penyembuhan.

Jika seriawan terjadi di daerah lidah, seriawan tersebut akan membuat berbicara serta mengunyah menjadi tidak nyaman, sementara seriawan yang terjadi di langit-langit mulut atau di kerongkongan dapat menyebapkan nyeri saat menelan.

Orang yang memiliki riwayat keluarga positif terhadap seriawan cenderung mengembangkan sistem kekebalan yang lebih baik sejak usia dini dibanding mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga positif terhadap seriawan. Referensi Artikel Wikipedia

Cara mencegah sariawan

Cara mencegah sariawan sangatlah mudah.Hal yang perlu anda lakukan adalah menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah sariawan.

1.Mengkonsumsi buah dan sayur

usahakan pola makan anda adalah pola makan yang seimbang. Jangan kebanyakan makan makanan instan.pilih buah yang banyak mengandung vitamin C karena vitamin c merupakan pencegah sariawan. jika anda tidak suka makan buah yang banyak mengandung vitamin C bisa di ganti dengan vitamin dalam bentuk ekstrak.

konsumsi sayur yang mengandung zat besi. Zat besi sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang sariawan.

2.Hindari makanan panas dan berlemak

Saat makan usahakan makanan yang anda telan tidak dalam kondisi panas. Jika sedang buru buru mininal biarkan makanan tersebut agar menjadi hangat.

kurangi makanan berlemak dan santan. Anda tentu masih ingatkan iklan obat sariawan yang ada di TV.

3. Hati hati mengunyah makanan

jangan buru buru mengunyah makanan karena jika anda buru buru akan mudah tergigit di bagian bibir atau mulut bagian samping. Rasanya tentu sangat sakit. Jika sudah seperti ini anda tinggal menunggu waktu untuk terkena sariawan.

4. Hindari Stress

Stress yang terjadi terus menerus juga akan menyebabkan penyakit sariawan mudah muncul. Jadi jika anda sedang stress lebih baik ambil waktu untuk istirahat atau liburan.

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami

Jika anda sekarang sedang terkena sariawan maka langkah terbaik adalah cepat cepat mengobati dengan obat sariawan yang ada di sekitar anda. Obat tersebut bisa obat tradisional maupun obat yang ada di apotek.

jika anda pecinta obat obatan alami berikut saya rekomendasikan cara mengobati sariawan dengan obat tradisional yaitu.

1.Baking Soda

Anda tentu di rumah punya tepung baking soda. Ambil baking soda secukupnya kemudian di campur dengan air sampai menjadi pasta. oleskan pasta baking soda tersebut ke bagian rongga mulut yang terkena sariawan.

2. Daun sirih

Ambil daun sirih kemudian cuci bersih. Setelah itu anda kunyah hingga mengeluarkan getah dan ludah anda menjadi merah.

3.Air kelapa

jika anda terkena sariawan banyak banyaklah minum air kelapa hijau. Selain menyegarkan mulut yang kering air kelapa juga akan menyembuhkan sariawan.

4. Bawang putih

Iris bawang putih kemudian tempelkan ke dalam luka sariawan. rasanya memang perih namun hal ini akan mempercepat penyembuhan sariawan.

5. pepaya dan mentimun

Jika anda sedang sariawan banyak banyaklah makan buah pepaya dan mentimun. ke dua buah ini akan memberikan sensasi segar di mulut dan menyembuhkan sariawan.

6. Kunyit

Di rumah anda tentu punya bumbu dapur yang berwarna kuning. Itu lo yang namanya kunyit. Cucu bersih seruas kunyit kemudian haluskan. pasta kunyit bisa anda tempelkan ke bagian yang sariawan.

7. Madu

ma adalah raja segala obat. Jadi tidak salah jika madu anda jadikan obat sariawan. Cukup tempelkan madu pada luka sariawan anda.

8. daun jambu biji

Ambil 2 lembar daun jambu biji kemudian cuci bersih setelah itu anda kunyah daun tersebut. Jika rasanya agak sepet bisa anda campur sedikit garam.

9. Garam

Anda bisa menggunakan garam untuk mengobati sariawan. caranya masukkan garam ke dalam air hangat kemudian jadikan air tersebut untuk berkumur. Lakukan setiap hari 3 kali sampai sembuh.

Obat sariawan

Itu adalah 9 cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang tradisional. namun jika anda tidak punya waktu anda bisa membeli obat saawan di apotek. Bentuk obatnya bermacam macam seperti obat kumur maupun obat oles

Semoga anda cepat sembuh dari sariawan yang anda derita.obat sariawan tradisional di atas bisa anda jadikan rujukan dan referensi.

Penyangkalan:

Informasi di atas saya tujukan sebagai penambah informasi dan hiburan.untuk hal hal yang bersifat tindakan medis lebih baik anda konsultasikan dengan dokter ahli yang berpengalaman. Baca juga cara penyakit masuk ke dalam tubuh anda. 

 

 

Leave a Reply