Daur hidup lalat dan penjelasannya

Selamat siang Adik adik manis. Apakah sekarang  kalian sedang belajar di rumah. Kali ini kakak akan menjelaskan tentang daur hidup lalat. Kalian tau kan lalat yang suka bermain  di tempat yang kotor dan senang  hinggap di makanan yang tidak kalian tutup rapat.Sebelum membahas metamorfosis lalat ada baiknya kalian mengetahui jenis mahluk seperti apa sih lalat itu ?

Lalat adalah jenis serangga dari ordo Diptera. Perbedaan yang paling jelas antara lalat dan ordo serangga lainnya adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks kecuali beberapa spesies lalat yang tidak dapat terbang. Satu-satunya ordo serangga lain yang memiliki dua sayap yang benar-benar berfungsi dan memiliki halter adalah Strepsiptera.

Daur hidup lalat

Daur hidup lalat kredit www.pixabay.com

Tubuh lalat biasanya pendek dan ramping, telah beradaptasi dengan gerakan udara. Tagma pertama dari lalat, kepala, terdiri atas ocelli, antena, mata majemuk, dan bagian-bagian mulut labrum, labium, mandibula, dan maksila. Tagma kedua, toraks, menahan sayap dan memiliki otot-otot terbang pada ruas kedua, yang bentuknya membesar. Ruas pertama dan ketiga bentuknya lebih kecil.

Pada ruas ketiga toraks terdapat halter, yang membantu menyeimbangkan lalat selama terbang. Adaptasi lebih lanjut untuk terbang adalah pengurangan jumlah ganglion saraf dan konsentrasi jaringan saraf di toraks, suatu ciri yang paling berbeda pada infraordo Muscomorpha.

Lalat memiliki kepala yang dapat begergerak dengan mata dan sebagian besar memiliki mata majemuk yang besar di sisi kiri dan kanan kepalanya, dengan tiga ocelli kecil di atasnya. Untuk pengendalian arah pandangan, wilayah jangkauan optik dianalisis oleh sekumpulan neuron yang sensitif terhadap gerakan.

Satu bagian dari neuron-neuron ini diduga digunakan untuk mengestimasi parameter-parameter gerakan sendiri, seperti mengoleng, berguling, dan berbelok.

Neuron-neuron lainnya diduga digunakan untuk menganalisis materi penglihatan itu sendiri, seperti mengidentifikasi bentuk suatu figur di tanah dengan menggunakan paralaks gerak.Bentuk antena beragam, tapi seringnya pendek untuk mengurangi beban saat terbang.

Tidak ada spesies lalat yang memiliki gigi atau atau organ lainnya yang memungkinkan mereka untuk memakan makanan padat. Lalat hanya mengonsumsi makanan cair atau butiran-butiran kecil, seperti serbuk sari, dan bagian-bagian mulut dan pencernaan mereka menunjukkan modifikasi yang bervariasi sesuai dengan jenis makanannya.

Tabanidae betina menggunakan mandibula dan maksila seperti pisau use untuk membuat sayatan menyilang di kulit inang dan mengisap darahnya. Perut tabanidae termasuk divertikula besar, memungkinkan serangga tersebut menyimpan sejumlah kecil cairan setelah makan

Daur hidup lalat Buah

 

 

Kok jadi ngelantur.Ok mari kita kembali ke pembahasan awal yaitu daur hidup lalat.kalian sudah tau belum kalau daur hidup lalat di mulai dari Telur kemudian menetas menjadi belatung.Setelah beberapa hari belatung menjadi kepompong atau pupa dan kemudian menetas menjadi lalat sempurna yang bisa terbang. Semua lalat bermetamorfosis seperti itu baik itu lalat buah,lalat rumah maupun lalat kerbau atau kuda.

1.Telur

Daur hidup lalat yang pertama tentu di mulai dari telur. lalat Betina meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan seperti pada buah yang hampir matang hal ini bertujuan  agar belatung mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum berubah menjadi dewasa. Telur menetas segera setelah diletakkan, atau lalat yang ovoviviparous, dengan penetasan larva dalam tubuh induk.

2.Larfa atau belatung

Setelah menetas telur lalat menjadi belatung menjijikkan berwarna putih.belatung ini bisa kalian temukan di sisa sisa makanan busuk atau tempat pembuangan sampah.Belatung merupakan larfa yang rakus dan dia akan makan terus sampai siap menjadi pupa

3. pupa

Pupa lalat merupakan fase ke 3 dari daur hidup lalat. pupa ini tidak bergerak sampai belatung yang di dalamnya berkembang menjadi lalat sempurna.Kepompong memiliki berbagai bentuk, dan dalam beberapa kasus berkembang di dalam kepompong sutra. Setelah muncul dari pupa, lalat dewasa jarang hidup lebih dari beberapa hari, dan berfungsi terutama untuk mereproduksi dan untuk membubarkan mencari sumber makanan baru.Wikipedia

4.Lalat dewasa

Setelah keluar dari pupa maka lalat telah tumbuh sempurna dengan sayap yang bisa membawanya terbang ke sana kemari mencari makan. Lalat suka berdiam di tempat pembuangan sampah karena itu merupakan surga bagi mereka. Segala bentuk makanan busuk ada di sana. jadi lalat tidak perlu capek capek mencari makanan.

Saya rasa cukup sekian penjelasan kakak kali ini tentang daur hidup lalat beserta penjelasannya. kalian tentu bisa memahaminya dengan melihat gambar siklus metamorfosis lalat yang ada di bagian atas dari artikel ini.tidak sulit kok.

Mari kakak ulang sekali lagi daur hidup lalat mulai dari TELUR, kemudian Larva atau belatung kemudian Pupa dan terakhir Lalat jangan lupa baca juga Daur hidup Nyamuk dan daur hidup kupu kupu

Leave a Reply