Contoh Pidato singkat bahasa Indonesia

Selamat pagi sobat smart.bagaimana hari ini semoga anda penuhdengan keceriaan. kali ini kakak akan membahas contoh pidato singkat bahasa indonesia.Namun sebelunya kita akan membahas bebera masalah teknis dalam berpidato.Sebaiknya kalian baca artikel ini dari awal agar memahami apa itu pidato dan bisa membuat contoh pidato yang baik dan benar

Pengertian pidato

Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya, di antaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh presiden. Agar pidato yang dilakukan berjalan lancar, hendaknya kita menyusun naskah pidato terlebih dahulu. terkecuali jika anda sudah mahir berpidato di depan umum dan menguasai materi yang akan di bocarakan.

contoh pidato singkat bahasa indonesia

contoh pidato singkat bahasa indonesia Credit Pixabay.com

Bagian bagian naskah pidato

Sebelum menyusun naskah pidato hendaknya kamu menulis hal-hal penting mengenai acara, misalnya nama acara, para undangan yang hadir, serta tujuan dari penyelenggaraan acara. Setelah itu, buatlah kerangka naskah pidato dengan memerhatikan bagian-bagian pidato. Hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato adalah sebagai berikut.
1. Salam atau sapaan pembuka.
2. Pembuka pidato.
3. Isi pidato.
4. Penutup pidato.
5. Salam penutup.

Cara berpidato yang baik

Ada berbagai macam cara berpidato, yaitu membaca naskah, menghafalkan naskah, menggunakan kerangka pidato, dan tanpa naskah.  Naskah pidato  harus dibacakan dengan intonasi yang tepat agar menarik perhatian orang yang mendengarkannya.

Perlu kamu ketahui

Sebelum menyampaikan pembukaan pidato, pembicara perlu mengucapkan sapaan dan salam. Sapaan dilakukan dengan menyebutkan nama atau jabatan orang-orang yang hadir. Penyebutan dimulai dari orang yang lebih dihormati. Pengucapan salam yang lazim dalam pidato adalah Assalamualaikum wr. wb, selamat siang, selamat pagi, atau selamat malam.

Kamu mungkin pernah mendengarkan seseorang yang berpidato. Ada yang berpidato dengan menarik, ada pula yang tidak. Agar kamu dapat berpidato dengan baik :

1.Bacalahdan pahami naskah pidato dengan baik.

2.Persiapan yang baik sebelum berpidato akan mengurangi rasa gugupmu ketika berpidato sehingga kamu pun dapat berpidato dengan baik.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika berpidato menggunakan naskah adalah sebagai berikut.

1. Sebelum berpidato, bacalah naskah untuk memahami isinya.
2. Mengetahui hal-hal penting (tujuan, nama acara, dan undangan yang hadir) dalam naskah.
3. Ketika berpidato, gunakan intonasi yang tepat.
4. Pandangan mata jangan selalu terarah pada naskah. Sesekali mata diarahkan pada hadirin.

Untuk lebih jelasnya berikut saya berikan beberapa contoh naskah pidato. Yang pertama adalah contoh pidato perpisahan sekolah.

Contoh pidato perpisahan sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat siang untuk semuanya.
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Para orang tua murid Kelas VII yang saya hormati,
Teman-Teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini.
Hari ini, kita berkumpul dalam rangka hari perpisahan sekaligus hari perayaan kelulusan siswa Kelas VII. Guru-Guru dan Teman-Teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah tiga tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Begitu banyak pelajaran dan pengetahuan yang kami dapatkan. Semuanya itu sangat berguna bagi kami.
Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah tiga tahun kami banyak belajar dari Bapak dan Ibu Guru, saya selaku perwakilan teman-teman Kelas VII mengucapkan terima kasih untuk guru-guru kami tercinta. Semua pelajaran dan nasihat yang kami dapatkan akan selalu kami ingat.

Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama kami bersekolah
di sini. Kenanglah kami semua sebagai siswa-siswi yang pernah Bapak dan Ibu ajar. Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orangtua kami tercinta yang juga hadir pada kesempatan ini.

Para orang tua yang selalu memberikan kasih sayang dan dorongannya kepada kami hingga kami dapat lulus dan merayakannya pada hari ini. Untuk Teman-Teman, semua peristiwa yang kita alami di sekolah ini, senang, sedih, dan bahagia akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini. Setelah lulus, hendaknya kita selalu terdorong untuk tetap rajin belajar untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya sebagai perwakilan teman-teman Kelas VII ingin mengucapkan selamat tinggal pada sekolah kami tercinta. Kami akan selalu mengingat sekolah ini.
Sekian dari saya. Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Contoh pidato pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat siang untuk semuanya.
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Teman-Teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini.
Hari ini, kita berkumpul dalam rangka hari pendidikan nasional. Guru-Guru dan Teman-Teman, sungguh prendidikan merupakan hal yang harus kita utamakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa pendidikan maka suatu bangsa akan tertinggal dari bangsa lainnya baik di bidang Ekonomi maupun sosial.

Tidak salah jika Di Indonesia ada hari pendidikan nasional karena ini merupakan momen penting untuk mengingatkan kita semua bahwa untuk maju kita harus memajukan pendidikan terlebih dahulu.Dan pendidikan akan maju jika para pendidik. Guru guru kita, Dosen dosen kita maupun orang tua kita telah berkomitmen dan berkompeten di bidangnya.

Dalam aAgama juga telah di singgung bahwa orang orang yang berpendidikan derajadnya akan di naikkan melebihi orang yang tidak berpendidikan.

Akhirkata saya mewakili teman teman mengucapkan terimakasih kepada Bapak/ Ibu guru yang telah membantu terlaksananya acara Peringatan hari pendidikan nasional di sekolah kita.

 

Saya  juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kekurangan dari acara ini karena persiapan yang mepet.Dan juga jika ada kata kata saya yang salah dan kurang berkenan di hati Bapak , Ibu guru dan teman teman saya mohon maaf yang sebesar besarnya.Namun secara keselurauhan acara ini bisa berjalan dengan lancar.

Akhir kata selamat hari pendidikan nasional. Jayalah Indonesia dan Jayalah Pendidikan Di negeri tercinta ini.
Sekian dari saya. Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baiklah cukup 2 contoh pidato singkat untuk kali ini. Jika anda membtuhkan contoh pidato tentang kesehatan dan contoh pidato lingkungan lain waktu akan saya tambahkan di Artikel ini.Baca juga contoh surat dinas dan Cara mendapatkan uang dari main game Android.

Leave a Reply