Alun alun Wonosobo Indah dan Mempesona

Alun alun wonosobo Jateng terletak di jantung kita wonosobo tepatnya di Jl. Pemuda No.2, Kec. Wonosobo, Wonosobo, Jawa Tengah.Merupakan tempat yang nyaman dan aman untuk rekreasi dan bersantai warga wonosobo.Alun alun Wonosobo  setelah selesai renofasi kelihatan bersih dan rapi.Pemerintah wonosobo telah menjadikan alun alun kota ini sebagai ruang terbuka publik yang dapat di manfaatkan oleh setiap warga wonosobo maupun wisatawan yang datang ke kota wonosobo untuk bersantai dan menikmati bersihnya udara wonosobo.
Dengan luas lebih dari duakali lapangan sepakbola.Di tengah tengah lapangan terdapat trotoar yang sangat lebar membelah alunalun menjadi dua.tepat di tengahnya terdapat pohon beringin yang sangat rindang.Di sekeliling lapangan juga terdapat trotoar bagi pejalan kaki di naungi oleh puluhan pohon beringin yang berjajar rapi mengitari seluruh lapangan.
Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke alun alun Wonosobo Jateng adalah pada hari minggu.Seperti minggu kemarin saya bersama keluarga datang ke alun alun untuk sekedar bersantai.Kami memang sering ke sini pada hari minggu.
Saat kami datang nampak alun alun wonosobo sudah penuh dengan ribuan warga.Kegiatan di sini sudah di mulai dari pagi pagi buta.Para pedagang berebut tempat jualan yang paling strategis untuk menawarkan dagangannya kepada para pengunjung.
Mulai pukul 5.30 sudah nampak aktifitas warga di sini selain menggelar dagangan juga sudah ada warga sekitar yang memanfaatkan area alun alun untuk berolahraga.lari lari pagi sambil menikmati sejuknya udara kota wonosobo.
Setelah lelah berolahraga biasanya mereka duduk duduk santai di bawah pohon beringin sambil menikmati sarapan pagi.

Alun alun Wonosobo jateng

Di sini setiap orang bebas untuk berjualan dan memanfaatkan area alun alun wonosobo untuk kegiatan mereka dan mengekspresikan diri.Yang di larang adalah membangun tempat permanen untuk berjualan.
Setiap pedagang di haruskan menjaga alun alun agar tetap bersih dan nyaman bagi pengunjung.Alunalunjuga di manfaatkan oleh penduduk kota wonosobo dari dieng sampai ke wadaslintang.Dari pojok sapuran sampai ke Watumalang.
Ada yang unik di sini jika orang igin ketemuan di kota wonosobo maka mereka akan menentukan pilihan bertemu di alun alun kota.Karena tempat ini mudah di jangkau.Mudah di temukan dan hampir semua orang mengetahui lokasinya.

Jenis pedagang di alun alun kota wonosobo

Bermacam macam pedagang memenuhi alun alun kota wonosobo yang bisa di bedakan menjadi beberapa kelompok

1.Pedagang pakaian
Pedagang pakaian dialun alun kota ini menempati urutan pertama untuk jumlah  terbanyak mereka berjajar di sepanjang pinggir alun alun di bawah pohon beringin.Barang yang mereka tawarkan sangat beragam mulai dari baju anaak anak.Baju orang dewasa.Mukena.Jilbab.dan pasmina.Harganya juga lumayan terjangkau.Untuk harga pasmina di bandrol mulai dari 10.000 sampai 20.000 tergantung kualitas bahan.
pedagang kaos oblong juga ada.Ada yang menjual kaos bergambar alun alun wonosobo tempo doeoe.Unik memang dan dalam warna hitam putih.menggambarkan sejarah kota wonosobo tercinta.Salut buat mereka.
2.Pedagang Assesories.
Pedagang assesoris juga banyak di sini.dari yang kerajinan tangan sendiri sampai yang beli dari luarkota.Kebanyakan mereka menjual cincin,gelang,kalung Dream catcher.itu lo assesoris yang dari korea yang di percaya untuk mengusir mimpi buruk.Di susul pedagang kaos kaki yang harganya 5.000 sepasang.Juga ada pedagang sandal lantai dan keset.
Dulu waktu jamannya lagi booming batu akin di alun alun di penuhi oleh pedagang batu akik dadakan.Kalo untuk sekarang sudah jarang walaupun masih bisa di temui satu dua di bawah pohon beringin.
pedagang helm juga ada.Dengan kualitas bagus tapi harga lebih murah di banding harga toko.Saya sendiri tidak tau itu helm ori atau rekondisi.Sebaiknya anda tanyakan langsung pada penjualnya.
3.Pedagang peralatan rumah tangga.
Disini anda bisa menemukan pedagang pisau dapur.Panci.Pengupas mentimun dan penajam pisau.Celemek sarung tangan anti panas.Dan barang barang kecil yang saya tidak tau fungsinya
4.Pedagang buah.
Untuk pedagang buah mereka menggunakan mobil dan di parkirkan di luar alun alun.mereka menempati jalan umum.
5.Pedagang Jasa.
Di mana ada keramaian pasti di sana ada orang orang kreatif yang mencari rejeki.Setiap minggu pasti alun alun kota wonosobo penuh dengan orang tua yang membawa anak anak kecil mereka.Maka Orang kreatif ini menyediakan persewaan Sepeda onthel. Sepeda modifikasi.kendaraan ATF untuk anak kecil.Skate board.Mobil mini,Mandi bola,Kereta api mini dan masih banyak lainnya.Harga sewa 5000 sampai 10.000 tergantung lamanya anda menggunakan jasa ini.
6.Pedagang binatang Peliharaan
Bagi anda penyuka akuarium di sini juga ada yang jual ikan hias mulai dari,Mas koki,ikan mas.Koi,Arwana,Kura kura,Ikan cupang.Dan ikan ikan kecil lainnya.Bagi pecinta hewan lucu anda bisa membeli hamster.Tikus kecil lucu dari jepang.

Alun alun wonosobo tempat berkumpulnya komunitas pecinta binatang

alun alun wonosobo jateng

alun alun wonosobo jateng

Jika anda beruntung saat ke alun alun kota wonosobo maka anda akan menjumpai komunitas pecinta binatang unik dan langka.Di antaranya adalah komunitas pecinta reptil dan ular.Anda bisa melihat ular piton yang besarnya minta ampun dan juga ular albino serta ular yang berwarna kuning.

Ada juga komunitas pecinta musang atau luwak.Mereka biasa mengajak binatang kesayangan mereka ke alun alun dan juga bertemu dengan anggota komunitas.

Mie ongklok Kuliner Khas wonosobo

Jika anda berwisata ke alun alun kota wonossobo asri maka jangan lewarkan untuk menikmati kuliner khas wonosobo yaitu mie ongklok.Mi ongklok sangat cocok di nikmati di saat udara dingin.di temani sate ayam.
Mie ongklok terbuat dari campuran mie kuning dan tepungkanji serta kuncai dan sate ini memang cocok di makan saat udara dingin.Makana khas wonosobo ini mudah di temui di alun alun kota.Dengan bumbu kecap dan cabe hijau ulek akn menghangatkan badan anda.harga mulai dari 8000 sampai 10.000 tergantung jumlah sate yang menemni berapa tusuk
selain mie ongklok tentu juga ada bermacam macam kuliner yang tersedia di sini dari bakso.mi ayam.Nasi goreng,Gudeg.Batagor.Es kelapa muda.Pokoknya komplit.Anda tinggal pilih.
Saat saya kesana bersama anak saya nampakdi lapangan yang sudah mulai terik anak anak bermain sepak bola.Ternyata dari sekolah sepak bola wonosobo sedang berlatih.

Gambar foto Alun alun wonosobo

alun alum wonosobo jateng

alun alum wonosobo jateng

Selain berwisata di alun alun Wonosobo yang merupakan salah satu alun alun terbaik di jawa tengah  anda juga bisa pergi ke perpustakaan daerah wonosobo yang ada di sebelah alun alun kota.Tingkatkan pengetahuan anda dengan membaca.Gratis pula.

Nikmati juga keindahan wisata telaga menjer di garung.Ingin mencicipi carica manisan khas wonosobo juga ada yang jual di alun alun kota wonosobo.

Leave a Reply